Find Us On Social Media :

Steve Jobs Sudah Ramalkan Kehadiran Internet Sejak 1985

By Ade Sulaeman, Selasa, 16 Desember 2014 | 19:45 WIB

Steve Jobs Sudah Ramalkan Kehadiran Internet Sejak 1985

Intisari-Online.com - Teknologi internet memang baru lahir pada awal tahun 2000-an. Namun, ternyata Steve Jobs sudah meramalkan kehadiran internet sejak 1985. Bahkan, saat itu, Jobs sudah meramalkan besarnya peran internet dalam kehidupan manusia.

“Ramalan” tersebut terungkap dalam suatu wawancara yang dilakukan pendiri Apple tersebut dengan sebuah majalan terbitan Amerika Serikat (AS) pada 1985. Saat itu, Jobs diwawancara terkait potensi komputer pribadi.

Setiap rumah, papar Jobs saat itu, kelak akan membutuhkan dan memiliki minimal sebuah komputer pribadi. Keberadaan komputer dibutuhkan agar masing-masing rumah tersebut dapat terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan komuikasi nasional.

Jaringan komunikasi nasional antar komputer yang dimaksud Jobs sangat mirip dengan teknologi internet saat ini. Hanya saja, saat itu, Jobs belum memperkirakan cakupan internet yang sudah mendunia seperti saat ini.

“Kita hanya baru berada pada tahap awal dari sesuatu hal yang besar, yang akan terjadi berikutnya, seperti terobosan baru saat telepon diperkenalkan,” tutur Steve Jobs, yang sudah meramalkan kehadiran internet sejak 1985, saat itu.

Jobs juga belum mengetahui teknologi seperti apa yang dia maksud dalam paparannya tersebut. “Banyak hal terjadi di industri ini. Anda tidak tahu pasti seperti apa hasilnya nanti. Namun, ini (internet) adalah sesuatu hal yang besar dan banyak manfaatnya,” ungkap Jobs.

Tahun 1985 sebenarnya bukan tahun yang menyenangkan bagi Steve Jobs, yang sudah meramalkan kehadiran internet sejak 1985. Maklum pada tahun itulah dirinya dipecat oleh Apple, sebelum kemudian bergabung kembali pada 1996. (The Verge via kompas.com)