Find Us On Social Media :

India Negara Paling Murah di Dunia, Indonesia Nomor 12

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 21 Januari 2015 | 14:00 WIB

India Negara Paling Murah di Dunia, Indonesia Nomor 12

Intisari-Online.com - Baru-baru ini Numbeo merilis indeks biaya hidup negara-negara di dunia. Hasilnya, India negara paling mudah di dunia, Indonesia nomor 12. Swiss menjadi negara dengan indeks biaya hidup paliang mahal kemudian disusul di belakangnya Norwegia.

Untuk gambaran, laporan ini didasarkan pada indeks biaya hidup di New York City, Amerika Serikat. Angkanya 100 persen. Jadi, jika ada negara memiliki indeks biaya hidup sebesar 120, itu artinya negara tersebut memiliki indeks biaya hidup rata-rata 20 persen di atas indeks biaya hidup di New York City. Jika ada negara indeksnya 70 persen, itu artinya negara tersebut memiliki rata-rata indeks biaya hidup 30 persen lebih rendah dibanding New York City.

Sebagai negara dengan biaya hidup paling murah, India memiliki consumer price index (indeks variasi harga yang harus di bayar oleh konsumen) sebesar 26,27. Itu artinya, pengeluaran rata-rata orang India 73,73 persen lebih rendah dibanding indeks harga konsumen di New York City.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia memiliki CPI sebesar 39,35. Artinya, rata-rata biaya yang dikeluarga konsumen di Indonesia 60,65 persen lebih rendah dibanding masyarakat New York City. Dari data yang dikeluarkan oleh Numbeo itu, kita akhirnya mengetahui bahwa CPI Indonesia merupakan yang paling rendah di Asia Tenggara.

Sementara untuk harga restoran, Indonesia adalah yang paling ketiga setelah India dan Nepal. Indeksnya 21,91. Artinya, rata-rata ongkos yang harus dikeluarga orang ketika makan di restoran di Indonesia 78,09 persen jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan saat makan di restoran New York.

Untuk lebih jelasnya, berikut posisi CPI Indonesia: 

 Dan ini indeks harga restoran di Indonesia: Data yang menyebut India negara paling murah di dunia, dan Indonesia nomor 12, secara tidak langsung, juga memperlihatkan bagaimana daya masyarakat di dua negara yang memiliki banyak kesamaan itu. (Numbeo.com)