Find Us On Social Media :

Kim Jong Un Datang ke Bandung, Ridwan Kamil Bangga dan Waswas

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 27 Januari 2015 | 10:00 WIB

Kim Jong Un Datang ke Bandung, Ridwan Kamil Bangga dan Waswas

Intisari-Online.com - Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan kembali dilaksanakan di Bandung pada 24 April 2015 nanti. Pemimpin-pemimpin negara-negara Asia dan Afrika berencana akan berbondong-bondong datang ke sana, tak terkecuali pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Benar, ada rencana Kim Jong Un datang ke Bandung. Di sisi lain, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bangga dan waswas dengan rencana kedatangan orang nomer satu di Korut itu.

“Banyak pemimpin negara yang akan hadir di Bandung, termasuk Kim Jong Un. Saya sedikit nervous, Kim Jong Un adalah tokoh yang saat ini menjadi buah bibir di dunia internasional,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ada rasa bangga sekaligus waswas dalam diri Emil. Menurutnya, Kota Bandung bakal mencatat sejarah karena ini merupakan kali pertama kunjungan Kim Jong Un dalam urusan diplomasi kenegaraan sejak menjadi pemimpin.

"Dia belum pernah ke luar negeri secara diplomasi. Sekalinya ke luar negeri ya, ke Indonesia, dan ke Bandung, jadi pasti perhatian dunia akan datang ke sini. Saya sudah sampaikan masalah keamanan lainnya, harus Siaga I," tambah Emil.

Secara pribadi, Emil sudah mendapatkan mandat dari pemerintah pusat untuk mengurusi segala sesuatu guna menyambut para pemimpin negara-negara Asia dan Afrika tersebut. Emil juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Presiden dan kabinet.

Terlepas dari rencana Kim Jong Un datang ke Bandung, peringatan KAA ke-60 nantinya akan terdiri dari dua acara besar. Acara pertama di Jakarta sementara puncak acara akan dilaksanakan di Bandung.