Find Us On Social Media :

Apel Granny Smith dan Gala dari Amerika Serikat, Apel Berbakteri yang Kurang Diminati Orang Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 29 Januari 2015 | 13:00 WIB

Apel Granny Smith dan Gala dari Amerika Serikat, Apel Berbakteri yang Kurang Diminati Orang Indonesia

Intisari-Online.com - Nama apel granny smith dan gala dari Amerika Serikat tengah menjadi buah bibir di Indonesia. Apalagi kalau bukan soal pernyataan Kementerian Perdagangan yang melarang perdagangan keduanya karena dianggap sebagai apel berbakteri—terkandung bakteri Listeria monocytogenes di kulitnya. Terlepas dari itu, ternyata dua jenis apel berbakteri itu kurang diminati orang Indonesia.

Sugiono, Asisten Manager Pasar Induk Kramat Jati, seperti dikutip Metrotvnews.com, menyebut bahwa dua jenis apel asal Amerika itu sedikit peminatnya. Dua jenis apel itu bahkan kalah mentereng dengan apel lokal seperti apel malang dan apel manalagi.

Pernyataan Sugiono tersebut juga segendang-sepenarian dengan orang-orang di Asosiasi Eksportir-Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (ASEIBSSINDO). Menurut mereka, memang ada apel jenis granny smith dan gala, tapi bukan dari Amerika Serikat, tapi dari tempat lain. Dan itu pun jumlahnya sangat sedikit. Seperti disebutkan sebelumnya, apel ini kurang diminati karena rasanya kecut.

Sebagai informasi, dibanding dari Amerika, sejatinya Indonesia lebih banyak mengambil apel dari Cina dan Fuji.

Untuk diketahui, apel jenis granny smith dan gala merupakan dua jenis apel yang diproduksi oleh Bidart Bros, California, Amerika Serikat. Bidart Bort bukan perusahaan kemarin sore, ia merupakan perusahaan keluarga yang sudah beroperasi sejak 1930-an. Lebih dari satu dekade sebelum Indonesia merdeka.

Terkait kabar yang menimpa dua produknya, apel granny smith dan apel gala, pihak Bidart Bros langsung meminta maaf. “Kami menyesal dan turut berduka cita atas konsumen yang terkena bakteri setelah memakan apel produksi perusahaan kami,” tutur Presiden Direktur Bidart Bros, Leonard Bidart, seperti ditulis Reuters.

Sebelumnya, Departemen Pertanian Amerika Serikat sudah memberikan peringatan kepada negara importir dua jenis apel tersebut, termasuk Indonesia. Sebagai tindak lanjut, Kementerian Perdagangan Indonesia langsung menghentikan izin impor apel dari AS, tepatnya dari California, itu.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kerisauan yang bisa muncul kapan saja, Kementerian Pertanian cepat-cepat memastikan bahwa apel impor dari Amerika yang saat ini ada di Indonesia aman. Bebas dari bakteri Listeria monocytogenes.

“Tak usah risau dengan adanya granny smit dan gala dari Amerika Serikat. Kebanyakan apel Amerika yang diimpor Indonesia berasal dari Washington, bukan California. Ada memang jenis granny smith dan gala, tapi bukan dari Amerika melainkan dari negara lain,” ujar Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Kementan RI, seperti dikutip oleh Kompas.com.