Find Us On Social Media :

Misteri Tanda Tangan: Penunjuk Kepribadian Kita

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 5 Februari 2015 | 18:15 WIB

Misteri Tanda Tangan: Penunjuk Kepribadian Kita

Intisari-Online.com – Di mata "peramal", tanda tangan punya makna macam-macam. Tanda tangan bisa menunjukkan kepribadian dan pengharapan. Ada pula yang mengartikannya sebagai lambang ego, atau pertanda jalan hidup seseorang. Namun menurut seorang psikolog dan pakar grafolog dari Bandung, tanda tangan lebih merupakan identitas atau segel diri, yang punya nilai hukum.

--

“Orang ini tidak mudah putus asa. Meski sering goyah, kalaupun jatuh ia sanggup bangkit lagi. Yang ini orangnya sederhana, seadanya,dan mandiri. Nah, kalau ini lain lagi, orangnya punya rencana awal yang bagus, tetapi karena suatu hal lantas menciut niatnya."

"Aduh, ini jelek banget. Orangnya disuruh kerja apa saja mau. Tapi ia suka berkorban demi orang lain, meski diri sendiri hancur. Tidak tegaan, lurus, dan tidak mengharapkan orang lain. Mestinya garis ini naik, jangan turun!”

Itu sekilas ramalan Ny. Nur – sebut saja begitu – yang mengaku suka iseng-iseng membaca makna tanda tangan, ketika disodori sejumlah tanda tangan untuk dianalisis.

Ny. Nur melanjutkan ceritanya. Tanda tangan terputus-putus itu perjalanan hidupnya tersendat-sendat. Tidak punya rencana awal yang matang. Kalau ruwet dan melingkar-lingkar, orangnya suka mengeluh, sering memikirkan susahnya, ketimbang senangnya.

Bentuk tanda tangan kecil menyimpan banyak rahasia. Bila berperkara dengannya sulit terselesaikan. Pernik-pernik pada tanda tangan pertanda hidup si empunya dimata-matai orang. Juga bisa diibaratkan sebagai gangguan dari luar. Bisa juga orang itu suka memanipulasi diri, mengada-ada atau bohong.

Garis bawah pun punya arti. “Kalau garisnya menempel di bawah tanda tangan hidupnya tergantung pada orang lain. Garis bawah sebaiknya tidak menyentuh tanda tangan. Goresan pada akhir tanda tangan harus lepas. Kalau ujungnya ke bawah, di hari tua sakit-sakitan dan makin sengsara. Apalagi kalau ujungnya membentuk kait, hidupnya akan terus dililit utang,” tuturnya.

Lambang kepribadian dan cita-cita

Di mata ahli grafologi seperti ditulis Anna Koren Graphology Center Ltd, tanda tangan lebih menggambarkan kepribadian daripada watak seseorang. Namun, ia tidak bermakna bila tanda disertai teks tulisan tandan dalam analisisnya.

Tanda tangan, lanjutnya, juga bisa melambangkan keadaan Anda sesungguhnya your inner self, ego Anda. Sebuah tanda tangan bisa terdiri atas satu atau maksimal tiga elemen, nama kecil, nama keluarga, dan unsur tambahan.

Nama keluarga, menurut Anna Koren, mencerminkan citra Anda di masyarakat. Sedangkan nama kecil berkaitan dengan ego seseorang. Jika lebih menonjolkan nama kecil dalam tanda tangan itu menunjukkan suatu ekspresi untuk menarik perhatian, atau keinginan untuk membuktikan diri. Bisa juga pemilik tanda tangan itu tidak menyandarkan diri pada keluarganya. Ingin dinilai mandiri!