Find Us On Social Media :

Mengemudi Aman Meski Diguyur Hujan: Mulai dari Bagian yang Berbahan Karet

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 14 Februari 2015 | 14:00 WIB

Mengemudi Aman Meski Diguyur Hujan: Mulai dari Bagian yang Berbahan Karet

Intisari-Online.com - Menggunakan kendaraan beratap di tengah hujan, tentu membuat kita tak takut untuk bepergian. Tapi kalau mobil tidak dipersiapkan dengan baik, banyak loh kemungkinan masalahnya. Supaya mengemudi aman meski diguyur hujan, kita harus perhatian dengan mobil kesayangan. Di antaranya, mulailah dengan memperhatikan bagian yang berbahan karet.

Mula-mula, kita kelilingi seluruh bagian mobil dari depan hingga belakang. Perhatikan setiap komponen yang memiliki bahan karet, seperti pada pintu, kaca, dan dek di bawah karpet. Pastikan kondisi karet tidak longgar atau lepas dari tempatnya.

Selain itu perhatikan pula struktur karet yang sudah mengeras dan pecah-pecah, biasanya berpotenis terjadi kebocoran. Jika perlu, lakukan pengetesan dengan mengalirkan air ke karet tersebut. Apabila air masuk ke dalam lapisan karet, artinya sudah perlu diganti. Tapi, untuk penanganan sementara, kita bisa menambahnya dengan menggunaka sealant.

Unsur karet lainnya yang perlu diperhatikan adalah wiper. Pastikan wiper dalam kondisi yang baik dan bisa menyeka air dengan maksimal. Meski sederhana, peran komponen ini sangat penting untuk membantu penglihatan kita saat berkendara. Terlebih ketika hujan turun dengan lebat.

Tak hanya wiper-nya, sesekali kita juga perlu untuk memeriksa washer alias penyeprot kaca. Pastikan jumlah air di tabung washer telah terisi dan arah semprotan tepat pada sasaran.

Komponen karet lain yang tak kalah penting adalah ban. Sebagia penggerak mobil yang langsung bersentuhan dengan jalanan, sangat penting untuk rajin memeriksa kondisinya. Tanda sebuah ban sebaikinya dinganti, antara lain: struktur karet pecah-pecah, muncul benjolan, tambalan sudah lebih dari tiga, dan ketebalan ban sudah mendekati tanda segitiga Tread Wear Indicator.

Jika salah satu tanda saja sudah muncul, sebaiknya kita mulai melakukan antisipasi. Supaya kita bisa mengemudi aman meski diguyur hujan.