Find Us On Social Media :

Di Australia, Ditemukan Ikan Kakap Bermulut Dua

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 18 Februari 2015 | 14:00 WIB

Di Australia, Ditemukan Ikan Kakap Bermulut Dua

Intisari-Online.com - Telah ditemukan ikan kakap bermulut dua di Australia. Ikan tersebut ditangkap oleh seorang pemancing di Danau Bonney di Australia bagian selatan. Soal kemungkinan asal ikan tersebut, Garry Warrick, pemancing itu, mengira, ikan tersebut berasal dari danau itu, bisa juga dari sungai yang mengalir di sekitarnya.

“Kedua mulut ikan itu saling berdekatan satu sama lainnya,” ujar Warrick kepada ABC. Mulut ikan itu, lanjut Warrick, yang atas bisa membuka dan menutup seperti ikan-ikan pada umumnya. Sementara yang bawah selalu terbuka, mangap.

Warrick bukan pemburu ikan kemarin sore. Ia telah memancing untuk menghidupi dirinya di kawasan tersebut selama 30 tahun terakhir. Tiap tahun, ia bisa memanen sekitar 100 ton ikan kakap dan ikan lainnya. Tapi selama 30 tahun kariernya sebagai pemancing, baru kali ini ia menemukan ikan kakap bermulut dua.

Meski demikian, untuk urusan ikan “aneh” ini bukan kali pertama. Warrick mengaku pernah beberapa kali menangkap ikan aneh di danau tersebut, termasuk salah satunya adalah seekor ikan yang memiliki kepala seperti ikan paus.

“Jika saya menemukan ikan aneh, biasanya keanehannya ada di bagian kepala. Ini baru pertama kali saya menemukan keanehan ikan di bagian mulut, tepanya ikan tersebut memiliki dua mulut.”

Biasanya ikan-ikan aneh yang ditemukan Warrick dijadikan umpan atau menjadi pupuk. Berbeda halnya dengan ikan bermulut dua ini yang ia simpan di sebuah lemari pendingin. Tak hanya itu, atas saran istrinya, ia memasang gambar ikan temuannya tersebut di internet. Dari situlah ikan kakap bermulut dua itu diketahui seluruh Australia dan sampai Indonesia.