Find Us On Social Media :

Apa Tanggapan Warga Australia Terkait Gerakan #KoinUntukAustralia

By Ade Sulaeman, Minggu, 22 Februari 2015 | 12:00 WIB

Apa Tanggapan Warga Australia Terkait Gerakan #KoinUntukAustralia

Intisari-Online.com - Gerakan di media sosial dengan tagar #KoinUntukAustralia muncul menanggapi pernyataan PM Tony Abbott soal bantuan tsunami mendapat reaksi beragam di negara itu. Lalu, seperti apa tanggapan warga Australia terkait gerakan #KoinUntukAustralia?

Kampanye sosial media ini menunjukkan reaksi antiAustralia, menurut siaran pagi TV the Today Show Minggu (22/02).

Sementara tanggapan pengguna media sosial di Australia sendiri beragam, sebagian mendukung dan lainnya mengkritik gerakan mengumpulkan koin itu.

Akun ‏@cjozboy menulis, "Perdana Menteri kami mungin bodoh namun kampanye #CoinForAustralia menghina semua warga Australia yang memberikan secara tulus.

Sementara akun Peter Johnson @cree999 menulis, "Anda akan mengumpulkan uang dan pejabat korup Anda akan menyimpannya."

Akun Snezena Stojanovska menyebutkan, "Kampanye ini tak masuk akal, dan Tony Abbot hanya ingin membantu."

Tetapi sebagian pengguna media sosial lain mengkritik pernyataan Abbot, termasuk Kerry Glover yang menulis, “Bantuan tsunami berasal dari pembayar pajak dan Abbott tidak memiliki hak untuk melemparnya ke muka korban.”

Kesatuaan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi) Aceh membuka posko pengumpulan koin untuk Australia sebagai protes atas pernyataan Abbott.

"Poin pentingnya adalah apa yang kita lakukan ini merupakan pesan moril dan dukungan kepada presiden Joko Widodo untuk tetap konsisten dan tegas dalam menegakkan hokum dalan negeri," kata Darlis Aiziz, ketua Kammi kepada BBC Indonesia.

Sebelumnya, dua pengamat Australia menyebutkan pernyataan Abbot itu kontra produktif dan arogan. (kompas.com)