Find Us On Social Media :

10 Fakta Mengerikan dari Dunia Penerbangan (2)

By Ade Sulaeman, Senin, 23 Februari 2015 | 17:00 WIB

10 Fakta Mengerikan dari Dunia Penerbangan (2)

Intisari-Online.com - Takut naik pesawat? Jika, iya, fakta-fakta mengerikan dari dunia penerbangan berikut ini sebaiknya dihindari. Artikel yang bertujuan menambah pengetahuan ini mungkin membuat mereka yang takut naik pesawat benar-benar menghentikan niatnya untuk mencoba naik pesawat.

6. Beberapa Pilot mendapat upah yang tidak pantas

Seperti halnya dokter dan ahli bedah, pilot dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas nyawa orang lain dan layak mendapat upah yang tinggi. Sayangnya, beberapa pilot, terutama yang berasal dari maskapai regional, dibayar berdasarkan jam yang mereka habiskan di pesawat. Tugas pre-flight tidak dihitung.

7. Upaya menghemat bahan bakar yang berisiko tinggi

Beberapa maskapai penerbangan melakukan upaya ekstrem untuk menekan biaya. Salah satunya mengisi bahan bakar dengan jumlah di bawah standar yang dianjurkan. Bahkan ada juga maskapai yang menginstruksikan pilot mereka untuk terbang dengan kecepatan rendah untuk menghemat bahan bakar.

8. Kita hanya memiliki waktu 90 detik untuk melarikan diri saat pesawat terbakar

Selalu pastikan kita mengetahui di mana pintu keluar darurat di pesawat yang kita naiki. FAA mengharuskan semua pesawat mampu dievakuasi dalam 90 detik, jumlah waktu yang tersisa untuk menyelamatkan diri sebelum api menyebar ke seluruh pesawat.

9. Kita berada dalam masalah jika duduk lebih dari lima baris dari pintu keluar

Analisis statistik kecelakaan pesawat telah menunjukkan bahwa penumpang yang duduk lebih jauh dari lima baris dari pintu keluar memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk selamat saat pesawat dalam kondisi darurat.

10. Besarnya potensi cedera saat turbulensi

Upayakan untuk selalu memasang sabuk pengaman kecuali kita hendak ke kamar kecil. Data menunjukkan turbulensi menjadi penyebab kecelakaan pesawat non-fatal nomor satu. Kebanyakan kecelakaan tersebut terjadi pada mereka yang sedang melepas sabuk pengaman dengan berbagai alasan. (Caroline Morse/huffingtonpost.com)

--

Baca juga: 10 Fakta Mengerikan dari Dunia Penerbangan (1)