Find Us On Social Media :

Sebuah Pesawat Peninggalan Perang Dunia II Jatuh Saat Diterbangkan oleh Aktor Harrison Ford

By Axel Natanael Nahusuly, Jumat, 6 Maret 2015 | 16:00 WIB

Sebuah Pesawat Peninggalan Perang Dunia II Jatuh Saat Diterbangkan oleh Aktor Harrison Ford

Intisari-Online.com - Sebuah pesawat peninggalan Perang Dunia II jatuh saat diterbangkan oleh aktor Harrison Ford. Pesawat jatuh di sebuah lapangan golf tak jauh dari Bandara Santa Monica, Los Angeles, AS, Kamis (5/3/2015) sore waktu setempat.

Pesawat kuning dengan logo bintang di kedua ujung sayapnya itu merupakan pesawat antik berjenis Ryan PT-22 Recruit, yang dulu digunakan untuk latihan terbang pada Perang Dunia II. Pesawat antik itu mengalami kerusakan parah setelah menghujam permukaan tanah lapangan golf.

Seorang petugas pemadam kebakaran mengatakan, pesawat tersebut menghantam pohon, hingga akhirnya jatuh di lapangan golf. Seorang saksi lainnya mengatakan, kira-kira pada pukul 02.30 siang waktu setempat, sebuah pesawat bermesin tunggal tiba-tiba menukik dan terjatuh di Lapangan Golf Penmar di kawasan Venice, Los Angeles.

Ford ditemukan dalam keadaan bernafas dan segera mendapatkan perawatan. Menurut Assistant Chief Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, Chief Patrick Butler, bintang 72 tahun itu segera dilarikan ke rumah sakit.

Sang aktor diketahui sendirian dalam pesawat tersebut, dan tak ada lagi orang yang terluka selain dirinya. Putra Ford, Ben sengaja berkicau di Twitter untuk mengabarkan kondisi terkini sang ayah kepada para penggemar dan orang-orang yang medoakan keselamatannya.

Ford, merupakan seorang aktor yang pernah masuk dalam nominasi Academy Award berkat aktingnya dalam film seri Star Wars dan Indiana Jones. Dia pun dikenal memiliki beberapa pesawat dan aktif dalam Asosiasi Pemilik dan Pilot Pesawat. Ia juga tercatat dalam Asosiasi Penerbang Berpengalaman.

Ford kali pertama mendapat lisensi pilot pada akhir 1980-an. Bahkan pada 2001, dengan helikopter yang diterbangkannya, Ford mengisi halaman muka sejumlah media di AS, setelah berhasil menyelamatkan anggota pramuka yang hilang. Beberapa tahun sebelumnya, Ford juga pernah menyelamatkan seorang pendaki di Jackson, Wyoming.

Selain itu, ketika pemadam kebakaran hutan kekurangan helikopter penyelamat, Ford bahkan menawarkan diri untuk menjadi relawan dengan menerbangkan helikopter miliknya sendiri. "Ini bukan tindakan heroik," kata Ford ketika itu. "Namun, menerbangkan helikopter tersebut harus aku lakukan. Itu saja," imbuhnya.

Selain pengalaman sebuah pesawat peninggalan Perang Dunia II jatuh saat diterbangkan oleh aktor Harrison Ford, ia juga pernah mengalami kecelakaan ketika helikopter yang diterbangkannya terjatuh saat latihan di wilayah Santa Clarita pada 1999. (Tribunnews)