Find Us On Social Media :

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (1)

By Nadia Mardatilla Arif, Minggu, 8 Maret 2015 | 08:00 WIB

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (1)

Intisari-Online.com – Apakah Anda mampu membaca semua buku yang telah Anda rencanakan? Apakah Anda ingin membaca tapi sepertinya tak ada waktu? Ini dia 15 cara agar Anda dapat lebih banyak membaca tahun ini!

1. Cari Tahu Tujuan Anda Membaca

Sebelum memulai membaca, tanya diri Anda sendiri, “Mengapa membaca buku ini?”. Banyak orang membaca karena dua alasan, kesenangan atau pengetahuan.

Dengan spesifik dan jelas tentang tujuan Anda membaca bukan hanya membantu Anda menyingkirkan beberapa buku yang tidak Anda butuhkan untuk dibaca. Tetapi juga mengingatkan Anda kenapa membaca buku tersebut penting untuk Anda seperti saat Anda sedang membacanya. Motivasi ini dapat membuat Anda tetap membaca dan menyelesaikan buku dengan cepat.

2. Bacalah Apa yang Anda Sukai

Entah Anda membaca fiksi atau nonfiksi, penting untuk menikmati apa yang Anda baca. Rekan Anda mungkin merekomendasikan buku yang mereka suka, tetapi belum tentu buku tersebut merupakan salah satu yang Anda nikmati. Jangan membaca demi untuk membaca. Membaca bukanlah tugas wajib yang harus selalu Anda cek. Membaca buku yang Anda pikir “seharusnya” dibaca atau yang Anda kira bagus untuk Anda akan membuat Anda membaca dengan lambat, jika Anda sama sekali tidak tertarik padanya.

Daripada begitu, carilah buku yang memang menarik bagi Anda dan ingin Anda tahu. Anda akan membacanya dengan lebih cepat.

3. Feel Free to Skip Pages

Ketika Anda sedang membaca, itu sudah menjadi keinginan dan pengetahuan sendiri, Anda yang mengaturnya. Jangan merasa bersalah untuk melewati beberapa halaman. Anda tidak harus membaca semua halaman suatu buku. It’s not cheating!

Bahkan, skip beberapa halaman lebih produktif. Itu dapat membantu Anda agar tidak bosan atau mempercepat pada bagian tertentu. Anda tidak membuang waktu untuk membaca yang tak pantas untuk Anda.

4. Menyerahlah Jika Anda Tidak Menikmatinya

Mungkin Anda telah memilih beberapa buku yang sesuai dengan tujuan Anda. Mungkin Anda telah memilih buku yang Anda sukai. Tetapi saat Anda membacanya, ada kemungkinan beberapa buku yang tidak Anda nikmati ketika membacanya.