Find Us On Social Media :

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (2)

By Nadia Mardatilla Arif, Minggu, 8 Maret 2015 | 09:00 WIB

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (2)

Intisari-Online.com – Apakah Anda mampu membaca semua buku yang telah Anda rencanakan? Apakah Anda ingin membaca tapi sepertinya tak ada waktu? Ini dia 15 cara agar Anda dapat lebih banyak membaca tahun ini!

6. Tantang Diri Anda dengan Deadline untuk Menyelesaikan Tiap Buku

Sebelum Anda mulai membaca satu buku, tanya diri Anda kapan Anda akan selesai membacanya.

Yang mungkin menarik adalah Anda bisa menyelesaikan buku yang Anda pinjam dari perpustakaan lebih cepat daripada ketika membelinya. Alasannya, buku yang dibeli tidak memiliki tanggal pengembalian! Jadi tak perlu mengembalikannya, sehingga Anda dapat menyelesaikannya sesuka hati.

Ketika Anda tidak memiliki deadline untuk menyelesaikan membaca buku. Tidak akan ada rasa kepentingan. Dan saat sesuatu tidak penting, Anda cenderung untuk menunda dan meninggalkan buku pada raknya, tak tersentuh dan tak dibaca. Jadi, membuat deadline membaca itu penting.

7. Jadikan Membaca sebagai Kegiatan Rutin

Ketika membaca adalah hal yang penting buat Anda, tak peduli seberapa sibuk pun, Anda akan mencari dan menjadwalkan waktu untuk membaca.

Membuat jadwal membaca sebagai kegiatan rutin dapat menyingkirkan kesulitan dalam mencari waktu untuk membaca setiap hari. Mengalokasikan waktu yang tetap untuk membaca setiap hari dapat mengurangi penundaan membaca. Ini juga lebih mudah bagi orang lain untuk mengetahui jadwal membaca dan tidak mengganggu Anda ketika Anda membaca.

8. Siapkan Daftar Bacaan Anda Terlebih Dahulu

Untuk menjaga momen membaca Anda, siapkan selalu buku untuk dibaca selanjutnya. Jangan tunggu sampai Anda selesai membaca semua buku Anda, baru mencari buku selanjutnya. Itu akan membuang waktu dalam mencari buku yang baru.

Lebih baik persiapkan reading list sejak awal. Buat daftar seluruh buku yang ingin Anda baca. Tambahkan beberapa buku yang direkomendasikan oleh teman dan keluarga Anda. Pergilah ke toko buku terdekat dan ambil yang Anda cari. Anda juga dapat mendapatkan list of recommended books yang disarankan dari para blogger di situs mereka.

9. Gunakan Waktu Luang Anda