Find Us On Social Media :

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (3)

By Nadia Mardatilla Arif, Minggu, 8 Maret 2015 | 10:00 WIB

15 Cara Agar Lebih Banyak Membaca (3)

Intisari-Online.com – Apakah Anda mampu membaca semua buku yang telah Anda rencanakan? Apakah Anda ingin membaca tapi sepertinya tak ada waktu? Ini dia 15 cara agar Anda dapat lebih banyak membaca tahun ini!

11. Jika Ada, Baca Dulu Beberapa Konteks

Kadang, jika Anda menonton trailer, membaca sinopsis atau mengikuti beberapa konten online yang disediakan penulis, Anda dapat masuk ke dunia si penulis lebih cepat.

Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk membangun konteks atau memahami karakter di awal mulanya.

12. Read for Meaning, Not Words

Apakah Anda pernah mengalami ketika Anda hanya membaca kata, tapi tak memahami apa pun buku tersebut?

Membaca sebuah buku, kata per kata, bukanlah cara efektif dalam membaca. Beberapa kata seperti, “a”, “an”, dan “the” tidak akan menambahkan pemahaman saat Anda baca. Otak Anda lebih cerdas dari yang Anda kira. Dengan hanya beberapa kata penting, otak Anda dapat merancang makna dan memahami apa yang dikatakan penulis drngan menekan pengetahuan dan pengalaman Anda sebelumnya.

Selain itu, membaca kata per kata terasa membosankan kecuali Anda membaca untuk mengapresiasi si penulis menggunakan bahasa. Lebih baik, biarkan mata Anda memindai halaman dan memilih kata yang dapat membantu Anda membentuk makna.

13. Baca Secara Beberapa Kali

Membaca berlapis ini akan berguna bagi pembaca nonfiksi. Daripada Anda membaca buku satu kali dengan detail, bacalah buku Anda dengan melewatinya beberapa kali.

Misalnya, pertama Anda browsing bukunya, baca konten halaman dan beberapa judul untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh. Kemudian pada waktu yang kedua, Anda dapat memilih bagian spesifik dari buku tersebut yang Anda butuhkan lebih detail, zoom in bagian tersebut.

Sebelum Anda mulai membaca lagi, tentukan apakah Anda butuh lebih rinci. Terkadang, Anda bisa memahami informasi tanpa butuh membaca contoh. Di lain waktu, beberapa informasi mungkin tidak Anda perlukan sekarang, jadi Anda tidak harus membaca semua secara detail.