Find Us On Social Media :

Tiongkok Siap Membantu Indonesia Wujudkan Visi Poros Maritim Dunia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 9 Maret 2015 | 08:00 WIB

Tiongkok Siap Membantu Indonesia Wujudkan Visi Poros Maritim Dunia

Intisari-Online.com - Tiongkok siap membantu Indonesia wujudkan visi Poros Maritim Dunia. Pernyataan itu disampaikan oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Xi Feng, saat melalukan kunjungan ke Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, Minggu (8/3) di Jakarta. Duta besar itu mengatakan, dengan menawarkan bantuan sebsar US$40 miliar, Tiongkok siap mendukung pemerintahan Jokowi-JK mewujudkan visi Poros Maritim.

Tak hanya itu, kedua negara—Indonesaia dan Tiongkok—juga sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok menjadi kerja sama konkret.

“Indonesia dan Tiongkok perlu memperkuat upaya untuk menerjemahkan Kemitraan Strategis Komprehensif kedua negara menjadi suatu kerja sama yang konkret dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat luas,” kata Wamenlu AM Fachir.

Dengan Kelompok Kerja Penguatan Diplomasi Ekonomi di bawah koordinasi Wamenlu RI, prioritas kerja sama ekonomi Indonesia akan difokuskan pada penyelesaian berbagai isu yang tertunda dengan negara sahabat, termasuk dengan RRT.

Tak hanya perihal maritim, beberapa kerja sama ekonomi dengan RRT yang perlu segera ditindaklanjuti adalah percepatan pembangunan ke-13 Kawasan Industri Terpadu di Indonesia serta penyusunan daftar proyek "Program Pembangunan Lima Tahun untuk Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan".

Wakil Menteri Luar Negeri juga menambahkan bahwa pemerintah perlu melakukan upaya untuk dapat mengatasi defisit perdagangan Indonesia yang mencapai 13,01 miliar dollar AS pada 2014. Selain membuat kesepakatan maritim, melalui kunjungan tersebut, Tiongkok juga berkomitmen untuk hadir pada acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika, yang dinilai dapat memberikan bobot penting bagi penguatan kerja sama Selatan-Selatan.