Find Us On Social Media :

Nick Hess, Pria yang Bisa Mabuk Hanya Karena Makan Kripik Kentang

By Lintang Bestari, Senin, 9 Maret 2015 | 18:45 WIB

Nick Hess, Pria yang Bisa Mabuk Hanya Karena Makan Kripik Kentang

Intisari-Online.com - Banyak orang berharap bisa mabuk-mabukkan tanpa mengeluarkan uang seperserpun untuk alkohol. Nick Hess adalah orang yang bisa melakukan itu. Ia bisa mabuk hanya dengan memakan kripik kentang. Nick menderita ‘auto-brewery sindrome’. Sebuah kondisi di mana perutnya dapat mengubah karbohidrat menjadi alkohol.

“Itu sangat aneh. Saya hanya makan beberapa karbo lalu tiba-tiba saya berlaku bodoh dan vulgar. Setiap hari dalam setahun saya selalu muntah ketika baru bangun tidur,” ujar Nick ketika diwawancarai BBC.

Untuk beberapa waktu, Nick mengatakan ia tidak mengetahui apa yang sedang terjadi. Perut dan kepalanya tiba-tiba sakit tanpa alasan yang jelas. Beberapa teman dan anggota keluarganya curiga bahwa Nick memiliki masalah alkohol. Istrinya bahkan menggeledah seisi rumah untuk mencari alkohol yang ia anggap disembunyikan oleh Nick.

“Kami hanya menonton televisi seharian, lalu bisa saja Nick tiba-tiba linglung dan melantur. Bau alkohol keluar dari mulutnya. Namun, ketika saya mencari minuman beralkohol di seluruh sudut rumah, saya tidak menemukan apa-apa,” kata Karen. Lama kelamaan, orang-orang juga menyadari bahwa Nick bisa mabuk meskipun tanpa alkohol yang diminumnya. Bahkan, ia bisa mabuk karena makan kripik kentang.

Meskipun Nick telah melakukan banyak tes di rumah sakit – termasuk tiga kolonoskopi dan tiga endoskopi – kondisi yang dialaminya ini baru berhasil didiagnosis setelah sebelumnya Nick mengonsumsi karbohidrat yang cukup banyak. Tingkat alkohol di dalam darahnya meningkat hingga 120 miligram – jumlah yang sama pada manusia ketika meminum 7 gelas whiski. 

Saat ini, Nick diberikan obat anti-fungal serta menjalani diet rendah karbohidrat untuk mengatasi sindromnya. Meskipun begitu, terkadang ia masih mabuk sekali hingga dua kali dalam sebulan.

Apakah Anda juga bisa mabuk hanya karena makan keripik kentang? Jika iya, mungkin Anda mengidap sindrom yang sama dengan Nick Hess!