Find Us On Social Media :

Rahasia Umur Panjang Misao Okawa si Wanita 117 Tahun

By Monalisa Darwin D, Selasa, 10 Maret 2015 | 14:00 WIB

Rahasia Umur Panjang Misao Okawa si Wanita 117 Tahun

Intisari-Online.com - Misao Okawa adalah wanita tertua di dunia asal Jepang yang berulang tahun ke-117 tahun pada 5 Maret 2015 lalu. Ia merayakan ulang tahunnya satu hari sebelum tanggal 5 di rumah Keperawatan Kurenai di Osaka, Jepang bersama kerabat dan juga Walikota, Takehiro Ogura. Lalu, apa rahasia umur panjang dari perempuan 117 tahun ini?

Guinness World Records melaporkan bahwa wanita kelahiran tahun 1898 ini memberikan rahasia umurnya panjangnya yaitu makan sushi dan cukup tidur. Pengelola panti jompo tempat Okawa tinggal mengatakan bahwa ia makan tiga kali sehari dan harus dipastikan tidur selama delapan jam semalam. Makanan favoritnya adalah sushi, terutama makarel dengan cuka dan nasi kukus.

Wanita yang dulunya seorang pembuat kimono ini menyatakan dirinya sangat senang menginjak usia 117 tahun. Okawa pun mendapatkan buket besar dari pejabat pemerintah Osaka. Selain memegang gelar “orang tertua di dunia”, Okawa juga merupakan salah satu dari sedikit orang yang bisa menyebut diri mereka sebagai supercentenarian atau orang dengan 110 tahun atau lebih.

Menurut Guinness World Records, untuk mencapai usia hingga 100 tahun merupakan prestasi yang luar biasa mengingat rentang hidup perempuan di Jepang rata-rata hanya di bawah 85,9 tahun.

Okawa memiliki dua putri dan satu putra serta empat cucu dan enam cicit. Suaminya telah meninggal pada tahun 1931. Itulah rahasia umur panjang dari wanita 117 tahun. Apa kalian akan mencoba caranya? (abcnews.go.com)