Find Us On Social Media :

10 Ilmuwan Indonesia Paling Top Versi Webometrics (1)

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 12 Maret 2015 | 19:45 WIB

10 Ilmuwan Indonesia Paling Top Versi Webometrics (1)

Intisari-Online.com - Dibandingan negara-negara Asia lainnya, Indonesia termasuk yang paling seret “menelorkan” ilmuwan berprestasi. Di tengah kondisi yang sedemikian rupa, Webometrics mencoba menyusun daftar ilmuwan Indonesia paling top pada Februari 2015 lalu.

Setelah mengumpulkan, melihat nama-nama sekaligus hasil penelitiannya, lembaga tersebut akhirnya berhasil mengumpulkan 500 nama yang masuk dalam daftar tersebut. Bidangnya bermacam-macam, mulai biologi, geologi, hingga fisika partikel. Berikut 10 ilmuwan Indonesia paling top versi Webometrics:

1. Suharyo Sumowidagdo

Suharyo Sumowidagdo merupakan ilmuwan yang menggeluti fisika partikel eksperimental. Dia meraih gelar doktor dari Florida State University dan pernah tergabung sebagai anggota tim peneliti di Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN). Di sana, Suharyo ikut memecahkan misteri tentang Higgs boson atau "partikel tuhan". Kini, Suharyo menjadi peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

2. Hairiah Kurniatun

Hairiah Kurniatun merupakan profesor dalam bidang biologi tanah dan ekologi akar. Dia tergabung sebagai pengajar di Universitas Brawijaya, Malang dan peneliti International Center for Agroforestry (ICRAF). Penelitiannya mencakup hilangnya karbon setelah alih fungsi lahan hingga stok karbon di kebun skala rumah tangga.

3. Suryadi Ismadji

Suryadi Ismadji adalah pengajar di Universitas Katolik Widya Mandala. Konsentrasinya adalah teknik kimia, utamanya absorbsi dan penanganan air limbah. Salah satu topik risetnya adalah mineral clay untuk menangani logam berat. Dia menerbitkan buku Clay Material for Environmental Remediation.