Find Us On Social Media :

8 Fakta Menarik Tentang Zebra (1)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 19 Maret 2015 | 17:00 WIB

8 Fakta Menarik Tentang Zebra (1)

Intisari-Online.com - Zebra terkenal dengan warna tubuhnya yang bergaris hitam-putih. Tahukah kita bahwa ternyata zebra memanfaatkan warna tubuhnya untuk melindungi diri. Itu satu. Ada banyak fakta-fakta menarik tentang zebra yang belum kita ketahui.

1. Pola garis tubuh yang unik

Sama seperti sidik jari pada setiap manusia, pola bergaris pada setiap zebra juga berbeda-beda. Zebra dalam subspesies yang sama, akan memiliki pola yang sama pula, namun tidak ada dua pola yang sama persis.

2. Pola garis untuk bersembunyi

Zebra yang hidup di padang rumput seperti di Afrika, akan menggunakan garis-garis di tubuh mereka sebagai alat kamuflase. Ketika zebra beramai-ramai membaur, dari kejauhan garis-garis tubuh mereka seakan menyatu dan menyulitkan predator seperti singa untuk menentukan seekor zebra untuk dimangsa.

3. Warna hitam dengan garis putih

Pertanyaan kuno ini sering muncul. Warna zebra adalah hitam dengan garis putih atau putih dengan garis hitam? Sebuah studi baru-baru ini mencari data embriologi yang ditemukan adalah bahwa zebra benar-benar memiliki warna hitam dengan garis putih dan berada di bawah perut.

4. Hewan sosial

Zebra merupakan hewan sosial, mereka dapat menghabiskan waktu dalam kelompok kawanan. Mereka mencari rumput bersama-sama dan zebra jantan akan saling menjilati atau menggigit-gigit satu sama lain untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Zebra juga kerap bergabung dengan kelompok zebra lainnya dan akan membentuk kawanan besar hingga berjumlah ribuan.