Find Us On Social Media :

8 Fakta Menarik Tentang Zebra (2)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 19 Maret 2015 | 18:00 WIB

8 Fakta Menarik Tentang Zebra (2)

Intisari-Online.com - Zebra terkenal dengan warna tubuhnya yang bergaris hitam-putih. Tahukah kita bahwa ternyata zebra memanfaatkan warna tubuhnya untuk melindungi diri. Itu satu. Ada banyak fakta-fakta menarik tentang zebra yang belum kita ketahui.

5. Berbicara

Zebra dapat bekomunikasi satu sama lain dengan menggonggong, mendengus, atau meringkik. Zebra juga menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan perasaan mereka. Misalnya, ketika tubuh mereka berdiri tegak maka mereka merasa tenang. Namun, jika telinga zebra didorong ke depan itu berarti mereka merasa takut atau tegang.

6. Satu spesies zebra punah

Saat ini ada tiga jenis zebra di dunia, yaitu Plains zebra, Mountain zebra, dan Grevy zebra. Sebenarnya ada satu jenis lagi yaitu quangga zebra, namun telah punah di akhir abad ke-19. Sekarang, jenis Mountain dan Grevy pun telah terancam punah.

7. Tidak meninggalkan zebra lain

Zebra akan merawat satu sama lain. Jika salah satu zebra di dalam kelompok ada yang tua atau muda dan sakit, maka mereka akan saling menunggu dan memperlambat langkah untuk mengikuti serta melindungi. Jika zebra diserang, keluarganya akan mempertahankan dan bersama-sama mengusir predator.

8. Mengembangbiakkan Quangga Zebra

Ahli ekologi saat ini terus bekerja keras untuk melakukan kembang biak kembali untuk zebra jenis Quangga. Menggunakan zebra di dataran rendah dengan genetik yang serupa akan telihat mirip dengan jenis Quangga. Gerakan itu disebut “Project Quangga”.

Nah, sekarang kita sudah tahu fakta menarik tentang zebra. Kita juga dapat ikut melestarikan zebra-zebra agar tidak punah, salah satunya berbagi informasi kepada siapa saja tentang habitat hewan hitam putih ini.