Find Us On Social Media :

Meresapi 'Sayap-sayap Patah' Kahlil Gibran

By Ajeng, Rabu, 1 April 2015 | 16:00 WIB

Meresapi 'Sayap-sayap Patah' Kahlil Gibran

Intisari-Online.com – "Sayap-Sayap Patah" adalah salah satu karya fenomenal dari seorang Kahlil Gibran, penyair terpopuler ketiga sepanjang masa di dunia. Sebuah kisah cinta sederhana sepasang kekasih yang berakhir tragis.Selain cinta yang sangat mengharukan, Gibran juga menyelipkan berbagai masalah yang berkaitan dengan nasib perempuan, penindasan, ketidakadilan, dan korupsi yang terjadi di Lebanon. Kelincahan Gibran menciptakan metafora-metafora dalam kisah sederhana ini membuat karyanya selalu dibaca dan diapresiasi sepanjang masa.

Buku ini menceritakan bagaimana perasaan hati seorang pria yang senantisa menjaga amanah dari ayah teman wanitanya, yang ingin selalu menjaga anak perempuannya. Namun semua harus berjalan sesuai takdir yang telah dituliskan, meskipun cinta di antara mereka sangat besar, mereka tetap memilih mengakhiri pertemuan sembunyi–sembunyinya dengan cinta pertama dan terkahirnya.

Sari dari cerita tersebut adalah pada dasarnya kehidupan manusia sangatlah kompleks dengan berbagai masalah. Kehidupan yang kompleks tersebut dapat berupa permasalahan kehidupan yang mencakup hubungan antara masyarakat dengan lingkungan, manusia dengan Tuhannya, dan peristiwa yang terjadi dalam batin seseorang.

Di dalam kehidupan, manusia tidak pernah luput dari suatu masalah/problema. Tidak jarang manusia merasa mengalami kekosongan jiwa, kekacauan berpikir, dan bahkan stres karena tidak mampu mengatasi masalah yang dialaminya. Kehidupan manusia dari berbagai segi kehidupan, baik sosial, ekonomi, politik, budaya, agama, dan berbagai sendi kehidupan manusia lainnya maka dalam era globalisasi ini, peranan sastra cukup berarti.