Find Us On Social Media :

Pemberian ASI Dapat Meningkatkan IQ dan Pendapatan Bayi

By Monalisa Darwin D, Jumat, 3 April 2015 | 08:00 WIB

Pemberian ASI Dapat Meningkatkan IQ dan Pendapatan Bayi

Intisari-Online.com - Pepatah lama yang mengatakan bahwa ASI adalah asupan terbaik untuk bayi ternyata tampak benar. Sebuah studi baru dalam jurnal Lancet Global Health menemukan bahwa ada keuntungan jangka panjang untuk seorang bayi yang mendapatkan ASI ibunya, seperti meningkatakan IQ dan mendapat pendapatan yang lebih tinggi ketika dewasa.

Studi ini melibatkan 6.000 bayi secara acak di Brazil selama 30 tahun. Pemilihan lokasi ini pun penting karena ASI tidak terkait dengan status sosial ekonomi, seperti yang ada di Amerika. Kebanyak bayi di Brazil mendapatkan ASI, terlepas dari pendapatan orang tua.

Penulis utama studi ini, Dr. Bernardo Lesse Horte, mengatakan bahwa di Brazil, baik ibu-ibu kaya atau pun miskin memberikan ASI kepada bayi mereka dalam jumlah waktu yang sama. Hasilnya? Ketika dewasa, bayi yang diberi ASI ditemukan memperoleh tambahan gaji hingga 100 dollar per bulan serta memiliki IQ yang lebih tinggi dengan rata-rata 3,7 poin.

Horte menambahkan bahwa semua orang harusnya memberikan ruang serta menciptakan lingkungan yang ramah bagi ibu menyusui. Dibutuhkan pula kebijakan publik dalam mendukung hal ini. Masyarakat nyatanya harus mengetahui pentingnya pemberian ASI yang dapat meningkatkan IQ dan pendapatan bayi. (mom.me)