Find Us On Social Media :

Anjing Bisa Mendeteksi Kanker Prostat dengan Akurasi hingga Hampir Seratus Persen?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 April 2015 | 15:00 WIB

Anjing Bisa Mendeteksi Kanker Prostat dengan Akurasi hingga Hampir Seratus Persen?

Intisari-Online.com - Ada fakta terbaru soal anjing. Beberapa peneliti menemukan bahwa anjing bisa mendeteksi kanker prostat dengan akurasi hingga hampir seratus persen. Jadi, selain berpotensi menjadi teman terbaik, anjing juga bakal menjadi “dokter” terbaik pula.

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga amal Medical Detection Dogs yang berbasis di Buckinghamshire itu, Inggris, sebelumnya menyebut, anjing memiliki tingkat keandalan hingga 93 persen ketika mendeteksi kandung kemih dan kanker prostat.  Dan sebuah studi terbaru yang dilakukan di Italia oleh Departemen Urologi di Humanitas Clinical and Research Center yang berpusat di Mila, semakin menguatkan klaim tersebut.

Dalam pengamatan yang dilakukan di sebuah laboratorium dihasilkan kesimpulan terbaru; bahwa anjing bisa mendeteksi kanker prostat hingga 97,7 persen. “Ini sangat menarik bahwa kita kita memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mendeteksi kanker prostat,” ujar Dr Claire Guest, dari Medical Detection Dogs.

 

Hingga saat ini, tidak ada tes tunggal untuk kanker prostat, yang merupakan kanker paling umum yang diderita oleh orang-orang Inggris. Untuk diketahui, di Inggris, terdapat lebih dari 40 ribu kasus kanker prostat tiap tahunnya.

Tes kanker prostat yang dilakukan oleh para dokter saat ini hanyalah menggunakan kombinasi tes darah, pemeriksaan fisik, dan biopsi. Dr Guest percaya, bagaimanapun juga, ini akan menjadi berita bahagia dan memberi solusi alternatif untuk penghematan (karena pengobatan kanker). “Jika anjing pendeteksi adalah sebuah mesin, maka akan ada banyak permintaan untuknya.”