Find Us On Social Media :

Setelah Gaun Putih-Emas atau Biru-Hitam, Kini ada Kucing Naik atau Turun?

By Lila Nathania, Minggu, 19 April 2015 | 15:00 WIB

Setelah Gaun Putih-Emas atau Biru-Hitam, Kini ada Kucing Naik atau Turun?

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu dunia maya dibuat ricuh akan adanya foto gaun yang warnanya bisa berubah tergantung mata seseorang. Nah, setelah gaun putih-emas atau biru-hitam, kini ada kucing naik atau turun. Bagaimana menurut Anda?

Dalam foto sederhana ini hanya terlihat kucing yang sedang menapaki anak tangga. Fotonya berwarna hitam putih dan tidak ada objek lain selain kucing tersebut. Belakangan ini kalangan netizen memang sering dibuat heboh oleh gambar-gambar visual optik.

Awalnya kucing tersebut muncul di website 9GAG dan terus bergulir di internet. Seorang insinyur bernama Indra Rahmadhani mengatakan bahwa kucing itu pasti turun ke bawah. Rochefort Ciscutti juga menyetujui bahwa kucing itu sedang menuruni tangga. Alasannya? Kucing selalu menaikkan ekornya untuk menjaga keseimbangan.

Profesor Nick Chater asal Warwick Business School, Inggris, pun ikut tergoda untuk memberi penjelasan. Pakar di bidang Sains Behavioral ini mengatakan bahwa penyebab kebingungan kita adalah adanya bidang abu-abu pada bagian atas gambar. Bidang tersebut bisa dianggap sebagai langit-langit (jika Anda menganggap kucing tersebut turun) atau lantai (bila kucing itu naik).

Jadi setelah setelah gaun putih-emas atau biru-hitam, kucing tersebut naik atau turun? Profesor Chater sendiri tak memberi jawaban. Menurutnya pembuat gambar itu memang sengaja tidak memberikan petunjuk apapun sehingga maknanya bisa ganda. Bagaimana menurut pendapat Anda? Naik? Atau turun?