Find Us On Social Media :

Misteri Cahaya Hantu Marfa Terjawab!

By Lila Nathania, Minggu, 19 April 2015 | 18:00 WIB

Misteri Cahaya Hantu Marfa Terjawab!

Intisari-online - Setiap di Texas terdapat bulatan bercahaya yang terbang melayang di garis horison. Puluhan tahun penduduk setempat mengaitkan Marfa Lights sebagai hal gaib. Kini berkat ilmu pengetahuan misteri cahaya hantu Marfa terjawab.

Sekitar 14 kilometer ke arah Timur dari Kota Marfa, tepatnya pada Rute 90 di Texas, terdapat sebuah misteri yang sudah ada sejak dahulu kala. Jalanan berpemandangan padang pasir ini terlihat begitu biasa di siang hari. Akan tetapi di malam hari Anda dapat menyaksikan sejumlah turis dan warga setempat yang ingin melihat fenomena cahaya hantu Marfa.

Cahaya hantu tersebut dapat muncul dalam berbagai warna. Pergerakannya pun dapat berubah-ubah mulai dari terpecah, hilang dan muncul kembali, bergerak, atau seperti meleleh. Kisah misteri cahaya hantu Marfa ini sudah ada sejak akhir abad ke-19.

Tanpa ada penjelasan ilmiah, sejumlah pihak menduga bahwa cahaya itu adalah kendaraan yang berjalan di kejauhan.  Ahli fisika dari Universitas Texas pun mengatakan bahwa mereka sudah menemukan bukti yang kuat untuk mendukung argumen tersebut.

Jadi, apakah misteri cahaya hantu Marfa sudah terjawab? Bagaimana dengan cahaya yang bisa berubah warna, arah, hiland dan muncul kembali, atau seperti meleleh? Adakah lampu kendaraan yang seperti itu?

James Bunnell, pensiunan insinyur kedirgantaraan menyatakan bahwa cahaya hantu Marfa bukanlah lampu mobil. Setelah melakukan penelitian selama delapan tahun, Bunnell menemukan jawaban atas misteri cahaya hantu Marfa.

Cahaya tersebut ternyata adalah gelembung plasma hidrogen yang diproduksi jauh dalam tanah. Gelembung yang tercipta karena anomali elektromagnetis atau magma panas ini kemudian naik ke daratan, bereaksi denagn oksigen, dan menimbulkan cahaya. Itulah yang menyebabkan munculnya cahaya hantu Marfa pada setiap malam (MNN).