Find Us On Social Media :

Rini Sugianto dan Ronny Gani, Dua Animator Indonesia yang Ikut Menggarap Film 'Avengers: Age of Ultron'

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 24 April 2015 | 11:00 WIB

Rini Sugianto dan Ronny Gani, Dua Animator Indonesia yang Ikut Menggarap Film 'Avengers: Age of Ultron'

Intisari-Online.com - Nama animator Indonesia kembali diperhitungkan perfilman dunia. Yang paling baru adalah nama Rini Sugianto dan Ronny Gani. Mereka adalah dua animator Indonesia yang ikut menggarap film Avengers: Age of Ulton.

Rini kini berdomisili di San Francisco, California, sementara Ronny tinggal di Singapura. Saat pengerjaan, keduanya bekerja di perusahaan yang sama, Industrial Light and Magic, tapi lokasi berbeda. “Saya ikut gabung di tim Industrial Light and Magic di San Francisco mulai dari bulan November 2014 sampai bulan Februari 2015, dan ikut menggarap Avengers 2,” aku Rini.

Sementara Ronny, “Sebelumnya saya mengerjakan proyek lain yang sekarang masih diproduksi, dan baru kemudian bergabung ke tim animator Avengers: Age Of Ultron di bulan Oktober 2014, dan ikut terlibat dalam pengerjaannya sampai bulan Maret 2015.” Ronny sendiri, sejak pertengahan Maret bekerja di purusahaan efek visual, Double Negative Singapore.

Untuk diketahui, sebeum berdomisili di Amerika Serikat, Rini sempat tinggal dan bekerja di Selandia Baru. Di sana ia bekerja untuk perusahaan WETA Digital milik sutradara Peter Jackson, dan ikut menggarapa Avengers pertama. Pengalaman tersebut telah membuatnya lebih familiar dengan karakter-karakter di film yang kedua ini, sehingga mempercepat proses animasinya.

Saat ini, Rini juga tengah terlibat dalam penggarapan film animasi Ted 2 di bawah Tippet Studio, masih di San Francisco.

Berbeda dengan Rini, Ronny yang tidak terlibat sejak awal mengaku sedikit kesulitan. Tapi baginya ini adalah sebuah tantangan. “Tantangan menggarapa film sequel adalah bagaimana menjaga konsistensi karakter-karakter di film—yang sudah terbangun di seri-seri sebelumnya,” jelas Ronny yang kini tengah sibuk dengan film animasi produksi Marvel, Ant-man.

Sekadar informasi, di film Avengers: Age of Ultron ini, Rini harus mengerjakan animasi untuk karakter Ultron, sang musuh yang tidak ada di film yang pertama. Begitu juga dengan Ronny. Ia juga mendapat tugas untuk mengerjakan animasi untuk karakter Ultron, yang disuarakan oleh aktor James Spader ini.

Adegan-adegan lain yang animasinya dikerjakan oleh Ronny adalah adegan di kapal Ulysses Klaue dan pada waktu Ultron bertemu dengan Maximoff Twins. Selama penggarapan, Ronny dan teman-teman sesama animator berusaha menciptakan adegan pertarungan yang seru untuk ditonton.”Kami dituntut untuk menghasilkan gambar yang hebat dan menghibur di satu kesempatan,” ujar Ronny.