Find Us On Social Media :

Xie Xu, Tiga Tahun Menggendong Temannya yang Lumpuh untuk Pergi ke Sekolah

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 28 April 2015 | 11:00 WIB

Xie Xu, Tiga Tahun Menggendong Temannya yang Lumpuh untuk Pergi ke Sekolah

Intisari-Online.com - Xie Xu baru-baru ini ditasbihkan sebagai “pelajar paling baik di Cina”. Bagaimana tidak, ia selama tiga tahun menggendong temannya yang lumpuh untuk pergi ke sekolah. Aksi sukarela pemuda 18 tahun ini mendapat sorotan luas dari media-media di sana.

Guo Chunxi, Wakil Kepala SMA Daxu di Xuzhou, Provinsi Jiangsu, tempat Xie dan kawan-lumpuhnya yang bernama Zhang Ci, 19, itu bersekolah, menggambarkan kisah ini sebagai kisah inspirasi. Dan sangan menyentuh. “Xie memberi contoh nyata saat dia membantu Zhang, yang menderita muscular dystrophy, sebuah kondisi yang membuat otot-otot tubuh seseorang perlahan-lahan melemah.

Xie dan Zhang sama sekali tidak memiliki hubungan keluarga satu dengan yang lainnya. Juga bukan kerabat dekat. “Xie hanya secara sukarela melakukan ini selama tiga tahun terakhir,” tambah Guo.

 

Oleh sebab itu, Guo tak henti-hentinya memberikan pujian kepada salah satu muridnya itu. “Dia adalah pelajar terbaik. Dia memberikan pengaruh positif terhadap para pelajar lainnya, yang juga akhirnya ikut membantu Zhang. Dengan bantuan kawan-kawannya ini, Zhang tak pernah tak masuk sekolah.”

Foto Xie menggendong Zhang saat pergi ke sekolah menyebar melalui melalui media sosial asli made in China, Weibo. Foto itu lantas mendapatkan banyak pesan dukungan dari masyarakat.

 

Tapi sayang, kebersamaan keduanya sebentar lagi akan “berakhir”. Sebuah media setempat mengabarkan bahwa Xie sudah mendaftar untuk melanjutkan studi ke Institut Politeknik Nanjing. Tidak hanya mendaftar, Xie kabarnya sudah melakukan tes wawancara pada 23 Aprlil lalu.

Tak hanya itu, dalam kurun satu bulan ke depan, Zhang juga akan mengikuti ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Jika sama-sama lulus, maka mereka akan berpisah. Di tengah penilaian bahwa kisah ini sangat menginspirasi banyak orang, muncul pertanyaan bagaimana nasib Zhang saat berpisah dengan kawan karibnya, Xie?