Find Us On Social Media :

Misteri Manusia-Manusia Api: Bukan Api Biasa

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 8 Mei 2015 | 18:00 WIB

Misteri Manusia-Manusia Api: Bukan Api Biasa

Intisari-Online.com - Masih terkait kasus yang menimpa Carol Compton, gadis pyrokinetics berkebangsaan Skotlandia yang dihukum lantaran kemampuan anehnya itu. Pengadilan yang merasa belum cukup mendapatkan informasi, akhirnya mengundang saksi ahli Profesor Vitolo Nicolo dari Pisa University. "Sepanjang 45 tahun pengalaman saya, belum pernah ada api yang demikian. Api itu tercipta karena sumber panas yang sangat kuat, tapi bukan dari jenis api biasa yang kita kenal."

Dari sisa kebakaran, kasur misalnya, tampak sifat api yang aneh. Meski terbuat dari bahan yang berbeda, seluruh kasur memiliki bekas yang sama, hanya hangus di bagian permukaan. Menurut Nicolo, api itu tidak mungkin dinyalakan dengan korek api atau gas, atau sumber api biasa lainnya. Apalagi, tes  forensik menunjukkan tidak ada bahan bakar atau kimia yang digunakan.

Menurut pengamatannya, api yang muncul pertama kali pun dinilainya janggal, "Tampaknya dimulai dengan terbakarnya bangku kayu. Herarinya, bangku itu hanya sedikit hangus, padahal barang lain di ruangan itu hancur ludes." Selain pendapatnya mengenai arah rambatan api yang serupa dengan dugaan petugas kebakaran, ia menambahkan ada bekas hangus di dalam laci lemari.

Pada akhir pengadilan, setelah berunding selama 6,5 jam, para juri fnenyatakan ia bersalah dengan dua tuduhan membakar rumah dan satu usaha. mencoba melakukan pembakaran. Sedangkan usaha pembunuhan, dinyatakan tak terbukti. Sayangnya, pengadilan tidak mengungkap hasil penelitian terhadap latar belakang Carol seperti catatan kesehatan mental yang bersih, tidak pernah tercatat melakukan tindakan kriminal, atau memiliki sejarah pyromania (kesenangan memainkan api).

Keputusannya, Carol dijatuhi hukuman 7 tahun penjara, ditambah catatan dari ketua pengadilan, bahwa kasus itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan sihir.