Find Us On Social Media :

Pyrosome, Unicorn Asli yang Hidup di Bawah Laut

By Lila Nathania, Senin, 11 Mei 2015 | 09:00 WIB

Pyrosome, Unicorn Asli yang Hidup di Bawah Laut

Intisari-Online.com - Selama ini Anda mungkin menganggap unicorn sebagai makhluk khayalan. Ternyata beberapa waktu yang lalu di Semenanjung Tasmania berhasil ditemukan pyrosome, unicorn asli yang hidup di bawah laut.

Hewan teramat langka ini ditemukan oleh seorang penyelam bernama Michael Baron di Semenanjung Tasmania, Australia. Pyrosome sendiri disebut sebagai unicorn bawah laut bukan karena bentuknya. Pyrosome disebut seperti unicorn karena begitu langka dan unik.

Hewan berbentuk seperti tabung ini sebenarnya merupakan gabungan dari ratusan ribu hewan tak bertulangbelakang bernama zooids. Hewan-hewan ini semuanya terhubung oleh sebuah jaringan yang lentur seperti agar-agar dan berbentuk tabung.

Jadi, satu pyrosome sebenarnya adalah kumpulan dari ribuan hewan yang saling bergandengan. Menurut keterangan Rebecca Helm, ahli biologi kelautan, setiap zooids dapat menduplikasi dirinya sendiri sehingga menambah jumlah koloni.

Nama pyrosome sendiri secara harafiah berarti tubuh yang menyala-nyala. Pyrosome memang memiliki tubuh yang berpendar dengan cahaya hijau kebiru-biruan. Ukuran koloni ini dapat mencapai lebih dari 12 meter. Ada yang menduga pyrosome bahkan dapat mencapai ukuran hingga 30 meter.

Pyrosome, unicorn asli yang hidup di bawah laut ini berbentuk tabung panjang dengan salah satu ujung terbuka. Makhluk ini bisa menyedot air yang penuh dengan plankton kemudian menyaringnya untuk dimakan. Hewan yang sangat unik, bukan? (Mongabay)