Find Us On Social Media :

Balada Si Air Mata: Sayangi Mata Anda

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 12 Mei 2015 | 19:30 WIB

Balada Si Air Mata: Sayangi Mata Anda

Intisari-Online.com - Sekali lagi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Termasuk bagi kesehatan mata. “Saya tak setuju istilah ‘kurangi sedikit’, untuk lensa kacamata,” tegas Sidarta Ilyas, pemrakarsa Yayasan Mitra Netra yang telah mendorong 29 penyandang tunanetra jadi sarjana, “Semuanya harus pas, plus, minus atau silindrisnya. Kalau tidak, mata dan air mata bisa bereaksi.”

Pemakaian lensa kontak, baik hard lens maupun soft lens di bawah usia 20 tahun, tak dianjurkan. Bukan terkait dengan anatomi mata – mata anak tiga tahun sudah sesempurna mata orang dewasa - tapi lebih pada rasa tanggung jawab. “Banyak yang tak disiplin mengikuti anjuran dokter atau yang tertera di kemasan. Misalnya, paling lama dipakai 10 jam per hari, dan dilepas saat tidur. Kornea jadi kering dan mengerut. Memang tak jadi buta, tapi kornea yang rusak tak bisa lagi diperbaiki. Daya lihat jadi terganggu.”

Sikap teliti dan teliti sesuai kebutuhan, cara pemakaian dan kontraindikasi juga diperlukan bila ingin memakai produk perawatan mata yang kini kian banyak beredar di pasaran. Baik pencuci mata, air mata buatan, tetes mata untuk radang mata ringan, dan penyejuk mata pemakai lensa kontak.

Pemakaian obat cuci mata yang biasa dikenal dengan boorwater tak dianjurkan. “Bukan karena kandungan isinya, tapi pada cara pemakaiannya dengan gelas mata yang tak bisa dijamin kebersihannya.”

Bila mata terasa kering, gatal dan lelah, cobalah dulu cara alami. Mengedip-ngedipkan mata untuk melancarkan aliran air mata. Bila tak mempan, gunakan air mata buatan, yang dibuat semirip mungkin dengan air mata yang bersifat sedikit garam dan sedikit basa itu, untuk melembabkan kornea. Ingat, teliti lagi petunjuk di kemasan, karena ada yang tak bisa dipakai bersamaan dengan pemakaian soft lens.

Untuk mata merah atau radang ringan, bisa digunakan tetes mata yang bersifat meredakan rasa sakit dan tak nyaman. Teliti juga kandungan dan aturan pakainya, apakah mengandung obat yang biasa membuat alergi, apakah aman digunakan bersama penggunaan lensa kontak.

Penyejuk mata untuk pemakai lensa kontak berisi larutan yang bisa mengurangi kemungkinan mata kering dan membuat mata lebih nyaman memakai lensa kontak. Perhatikan, bisa atau tidak dipakai bersamaan dengan pemakaian lensa kontak.

Obat mata yang bisa dibeli bebas hanya untuk pereda sementara. Bila keluhan berlanjut, segeralah ke dokter. Perawatan dari dalam, cukupkanlah menyantap makanan yang mengandung vitamin bagi mata, terutama vitamin A, B, C, dan E yang bisa dengan mudah dan murah didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Tiada yang lebih indah memandang dunia selain dengan mata yang sehat cemerlang.