Find Us On Social Media :

Menderita karena Keberatan Nama: Konotasi Negatif dan Umur Pendek

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 13 Mei 2015 | 15:00 WIB

Menderita karena Keberatan Nama: Konotasi Negatif dan Umur Pendek

Intisari-Online.com - Urusan makna sebuah nama ini bukan monopoli budaya Timur saja. di Barat juga ada fenomena menderita karena keberatan nama. Mereka yang dikenal rasional punya keyakinan bahwa sebuah nama memiliki konotasi positif atau negatif.

Berdasarkan penelitian di Kalifornia, seperti ditulis The Sunday Times, 29 Maret 1998, disebutkan bahwa pria dengan inisial nama yang berkonotasi negatif tidak berumur lebih panjang dibandingkan dengan pria yang memiliki inisial nama berkonotasi positif.

Penelitian terhadap sertifikat kematian orang di Kalifornia antara tahun 1969 dan 1995 menunjukkan, pria yang inisial namanya memiliki konotasi negatif, seperti DIE, RAT, BUM, dan ASS, rata-rata meninggal pada usia 2,8 tahun lebih muda daripada kelompok kontrol (nama-nama dengan inisial tanpa arti). Sebaliknya, pria berinisial nama positif, seperti ACE, WOW, JOY, usia harapan hidupnya rata-rata 4,48 tahun lebih panjang.

Berdasarkan pengamatan di Amerika, dalam Gunnar Pettersson: Names Never Hurt You, menunjukkan bahwa orang yang memiliki nama keluarga, seperti Small, Short, atau Little, kemungkinan lebih menderita perasaan rendah diri ketimbang nama-nama lain. Hal senada dikatakan Alison B. Martin dalam Emerging Names in Bay County, Florida, AS, di internet. “A bad name”, tulis dia, akan memberikan suatu perasaan rendah diri sepanjang hidup bagi pemilik nama itu.

Hasil penelitian psikolog Albert Mehrabian, Ph.D., seperti tertuang dalam tulisan Selecting Attractive and Beneficial Baby and Adult Names, menunjukkan bahwa makna nama yang tidak menyenangkan atau kurang menarik cenderung merugikan atau mengalangi aktivitas pribadi, sosial, dan aktivitas kerja mereka.