Find Us On Social Media :

Menderita karena Keberatan Nama: Memilih Nama untuk Anak

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 13 Mei 2015 | 16:00 WIB

Menderita karena Keberatan Nama: Memilih Nama untuk Anak

Intisari-Online.com - Tak jarang, nama menjadi cerminan dari harapan orangtua terhadap anak. Makanya, dalam memilihkan nama untuk anak, orangtua biasanya akan mempertimbangkdn beberapa faktor. Para orangtua juga tentu ingin suatu saat nanti anaknya tidak menderita karena keberatan nama.

Di masyarakat Barat banyak orang tua memilih nama anaknya dari nama tokoh yang disukai atau dikagumi. Misal, nama bintang film, politisi, teman semasa kecil, dsb. Dengan harapan si anak akan “mewarisi’ kualitas yang dimiliki tokoh yang dikagumi itu.

Sedangkan pasangan Jody Wobser dan Jim, seperti ditulis Alison, memberikan nama bagi enam anak mereka dengan inisial “J” (Jake, Jaclin, John, Joe, Jayme, dan Jared). Masing-masing diambil dari nama bintang film yang digabung dengan nama sahabat dekat pasangan itu. Selain memberikan nama yang individualistis, mereka juga mempertimbangkan definisi, makna, dan konotasi nama itu. Keluarga ini merasa, definisi dan makna nama memberikan kepribadiah dan karakter kepada yang bersangkutan.

Perihal memilih sebuah nama, Iin SP menyarankan, sebaiknya dihitung dulu berdasarkan perhitungan neptu Jawa. Calon-calon nama yang akan dipakai dihitung berdasarkan perhitungan neptu Jawa. Selain harus memenuhi kategori cocok (unsur “Sri”, “Lungguh”, “Gedhong”), sekiranya perlu memilih nama yang akan kuat disandang oleh anak itu. “Pilihlah nama yang tidak terlalu muluk-muluk, sak madya (yang biasa) saja.  Nama yang ‘berat’ atau muluk, bisa jadi anak tidak kuat menyandangnya, akibatnya malahan sakit-sakitan,” tuturnya.

Misal, calon nama yang ingin diberikan adalah Heridi Susanto. Menurut perhitungan Jawa, nilai nama itu adalah 10 [Hen (ha = 1) + di (da = 1) + Su (sa = 3) + san (sa = 3) + to (ta = 2) = 10], berarti jatuh pada unsur “Pati”. Unsur ini, dalam perhitungan Jawa, menunjukkan konotasi arti yang negatif, yakni berumur pendek. Maka dari itu perlu diupayakan agar jatuh pada unsur yang mempunyai arti positif (“Sri”, “Lungguh”, atau “Gedhong”). Misal, namanya diubah sedikit menjadi Hendi Susantho, sehingga nilainya menjadi 12 [Hen (ha = 1) + di (da = 1) + Su (sa = 3) + san (sa = 3) + tho (tha = 4) = 12], dan jatuh pada unsur “Lungguh”. “Mudah-mudahan, kelak anak itu akan punya kedudukan yang baik,” kata Iin SP.

Contoh lain, Nindita. Nama ini kelihatan keren, tapi memiliki makna yang tidak bagus, yakni tercela. Berdasarkan perhitungan neptu Jawa, Nindita memiliki angka 5 [Nin (na = 2) + di (da = 1) + ta (ta = 2) = 5], dan jatuh pada unsur “Pati”. Jadi, selain punya makna kurang baik, nama itu pun tidak cocok. Si pemilik nama itu diyakini akan berumur pendek. Tapi akan lain kalau pada nama itu disisipi huruf “h”, sehingga menjadi Ninditha. Nilai nama itu pun menjadi 7 [Nin (na = 2) + di (da = 1) + tha (tha = 4) = 7], dan jatuh pada unsur “Lungguh”. “Dengan sedikit mengubah nama itu, mudah-mudahan bisa mengubah nasib pemilik nama yang bersangkutan,” ujar Iin SP.

Penggantian atau pengubahan nama, tutur Iin SP, tidak harus secara total. Artinya, bisa hanya dengan menyisipkan, menambahkan, atau mengurangi satu huruf, boleh di depan maupun belakang nama itu. Pergantian nama itu pun tidak harus sekaligus mengubah akte lahir. “Yang penting niat batinnya ingin berganti nama. Kemudian dalam pergaulan keseharian menggunakan nama baru itu. Sementara untuk urusan resmi tetap bisa menggunakan nama sesuai akte lahir,” ujarnya.

Perihal perhitungan nama, kata Iin, tidak hanya berlaku untuk pemberian nama diri seseorang, tetapi juga bisa untuk nama toko, perusahaan, atau yang lainnya. “Kalau sebuah nama jatuh pada unsur 'Sri', toko atau perusahaan itu bisa laris dan maju,” katanya.

Terlepas dari keterangan di atas, persoalan nama memang sepenuhnya terpulang kepada pendapat pribadi Anda masing-masing. Mau percaya, tidak ada yang melarang. Tidak percaya, ya, monggo. Kalau penasaran ingin mengetahui makna nama Anda, silakan mencoba menghitung sendiri.