Find Us On Social Media :

Joey Alexander, Pianis Jazz Cilik Asal Indonesia yang Sudah Merilis Album di Amerika Serikat

By Lila Nathania, Senin, 18 Mei 2015 | 16:00 WIB

Joey Alexander, Pianis Jazz Cilik Asal Indonesia yang Sudah Merilis Album di Amerika Serikat

Intisari-Online.com - Jazz biasanya identik dengan artis dewasa dengan penampilan elegan. Ternyata, pemain jazz pun bisa berusia belia dan masih imut-imut. Inilah Joey Alexander, pianis jazz cilik asal Indonesia yang sudah merilis album di Amerika Serikat.

Joey adalah anak usia 11 tahun yang normal dan suka menonton SpongeBob. Bedanya, ia memiliki bakat luar biasa dalam musik jazz dan sudah memukau musisi-musisi jazz kawakan seperti Wynton Marsalis dan Herbie Hancock.

Bulan ini Joey sukses merilis CD album pertamanya yang bertajuk ‘My Favorite Things’. Album ini berisi aransemen ulang sejumlah lagu lama dan ada juga aransemen orisinil bocah cilik ini yang terinspirasi dari lagu jazz klasik ‘Moanin’ milik Bobby Timmons.

Bagi Joey bermain dengan teknik itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah bermain dengan hati sambil merasakan irama musik. Joey sendiri memulai debut musiknya tahun 2014 lalu saat tampil di pegelaran jazz tahunan bernama Jazz at Lincoln Center (JALC) yang diselenggarakan di New York.

Marsalis, direktur artistik JALC, membawa Joey langsung ke Amerika setelah ia menonton video bocah ini memainkan lagu-lagu Coltrane, Monk, dan Chick Corea. Menurut Marsalis tidak ada pianis jazz seusia Joey yang bisa bermain sepertinya.

Menurut pianis jazz cilik asal Indonesia yang sudah merilis album di Amerika Serikat ini, bakatnya merupakan hadiah dari Tuhan. Joey pernah mengalahkan lebih dari 40 musisi jazz profesional dalam komperisi Master-Jam Fest 2013 di Ukraina. Ia juga mendapatkan visa khusus untuk ‘individu-individu dengan kemampuan luar biasa’ sehingga bisa tinggal di New York bersama keluarganya untuk meraih cita-cita menjadi pemain jazz profesional (VOAIndonesia).