Find Us On Social Media :

3 Buku Misterius di Dunia (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 30 Mei 2015 | 10:00 WIB

3 Buku Misterius di Dunia (1)

Intisari-Online.com - Buku merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi sejak berabad-abad lalu. Buku juga menjadi sumber ilmu bagi kita semua. Namun, apakah kita bahwa di dunia ini terdapat beberapa buku yang misterius?

Buku Soyga

Buku Soyga adalah buku dari abad ke-16. Yang menarik dari buku ini yaitu isinya yang menggunakan kode atau teka-teki kata, jumlahnya ada sekitar 40 ribu kata. Buku yang disebut Aldaraia ini tidak diketahui siapa penulisnya. Setiap isi di lembar buku ini ditulis secara acak dan tidak masuk akal.

Berdasarkan kisahnya yang mistis, buku ini awalnya dimiliki oleh John Dee, seorang ilmuwan era Elizabeth. Dee bekerja keras untuk mengetahui isi dari buku dan menemukan bahwa Buku Soyga ternyata berisi mantra sihir. Namun, sayangnya Dee tidak dapat memecahkan 36 halaman terakhir. Kemudian, ia pergi ke Eropa dan bertemu dengan penasihat spiritual, Edward Kelly.

Dee yang memang memercayai hal-hal gaib, konon dapat berkomunikasi dengan malaikat Uriel. Dibantu Kelly, Dee menanyakan arti dari isi dari Buku Soyga kepada malaikat Uriel dan jawabannya adalah buku tersebut diberikan kepada Adam sebelum keluar dari Taman Firdaus. Ketika Dee meminta bantuan untuk memecahkan kode yang ada, Uriel mengatakan bahwa hanya malaikat Mikail yang tahu rahasia dari kode-kode itu. Namun, Dee tidak dapat bertemu dengan malaikat Mikail dan buku dinyatakan hilang setelah Dee meninggal.

Dua naskah dari buku Soyga ditemukan tahun 1994 oleh Deborah Harkness di British Library yang terdiri dari 197 helai dan Bodleian Library di Oxford yang terdiri dari 147 helai. Para ilmuwan pun tertarik untuk meneliti buku Soyga, namun hingga kini kode-kode dalam buku masih belum bisa terpecahkan. Daya tarik buku ini adalah penggunaan huruf, lambang aritmatika, model huruf Hebrew yang terbalik, dan mantra sihirnya.

Buku yang berisi mantra, petunjuk sihir, astrologi, hal-hal terkait iblis, daftar kata penghubung, peredaran bulan, dan nama-nama malaikat ini menjadi salah satu buku misterius di dunia.