Find Us On Social Media :

3 Buku Misterius di Dunia (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 30 Mei 2015 | 11:00 WIB

3 Buku Misterius di Dunia (2)

Intisari-Online.com - Buku merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi sejak berabad-abad lalu. Buku juga menjadi sumber ilmu bagi kita semua. Namun, apakah kita bahwa di dunia ini terdapat beberapa buku yang misterius?

2. Buku Merah

Buku ini adalah karya seorang psikiater, Carl Gustav Jung yang berasal dari abad pertengahan. Isi teks buku ini menggunakan bahasa Latin, kaligrafi, dan ilustrasi bertema fantasi. Dalam buku ini, Jung menulis catatan perjalanannya ke alam bawah sadar, kegilaan, dan transenden dengan menjadikan pengalaman pribadinya sendiri sebagai objek. Jung menangani pasiennya yang digerakan alam bawah sadar dan penderita skizofrenia. Jung pun membiarkan dirinya “dihantui” penglihatan serta pendengaran suara-suara yang ada di kepalanya.

Dengan kata lain, ia juga sebenarnya menderita skizofrenia dan psikosis. Ia berhalusinasi dan menguraikannya ke dalam tulisan kemudian menganalisisnya. Karyanya yang ditulis selama 16 tahun ini mirip seperti novel fantasi. Bukunya pun ia simpan dalam lemari pribadinya di Zurich. Setelah ia meninggal, tak ada yang tahu harus diapakan buku itu.

Hingga puluhan tahun, buku merah menjadi misteri. Pada akhirnya, Sonu Shamdasani, seorang sejarawan menemukan salinan satu salah teks dan kemudian melakukan pendekatan intensif kepada keluarga Jung untuk meminta izin menerjemahkan naskah aslinya. Pendekatan itu dilakukan selama tiga tahun dan akhirnya Shamdasani mendapat izin. Oktober 2009, Buku Merah pun terbit.

Shamdasani mengatakan bahwa Jung menggali ruang imajinasinya sendiri, lalu mengungkapkan hasilnya dalam kiasan berbagai mitos. Teksnya ditulis dengan padat, puitis, dan aneh. Ilustrasinya pun indah dan aneh. Sulit memahami kegunaan buku ini. Nilai-nilai dalam buku ini menyangkut moral dan sangat halus, sehingga sulit disentuh, sulit dimengerti, dan sulit diterima sebagai sebuah nilai.