Find Us On Social Media :

Harriette Thompson, Perempuan Tertua yang Berhasil Menyelesaikan Maraton

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 2 Juni 2015 | 06:00 WIB

Harriette Thompson, Perempuan Tertua yang Berhasil Menyelesaikan Maraton

Intisari-Online.com - Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Pepatah itu sepertinya pantas disematkan kepada Harriette Thompson, di usianya yang ke-92 ia menasbihkan diri sebagai perempuan tertua yang berhasil menyelesaikan maraton. Sebuah rekor yang tidak bisa dianggap enteng.

Thompson berhasil menyelesaikan lari maraton, saat ia melintasi garis finish lari maraton sejauh 26 mil di San Diego, di hari Minggu (31/5). Harriette Thompson, wanita asal Amerika Serikat (AS), atas prestasinya itu, ia dielu-elukan oleh puluhan penonton dan pendukungnya saat ia menyelesaikan maraton Southern California dalam tujuh jam, 24 menit dan 36 detik.

Usia sepertinya bukan menjadi masalah serius bagi Thompson. Setelah merampungkan perlombaan, ia mengaku hanya merasakan sedikit kelelahan. “Saya benar-benar lelah pada satu titik. Sekitar 21 mil, saya naik bukit dan itu seperti menaiki gunung,” ujarnya seperti dilansir Asiaone.com.

“Saya berpikir,” tambah Thompson, “hal ini sedikit gila di usia saya. Tapi kemudian saya merasa lebih baik ketika menuruni bukit. Dan anak saya Brenny terus memberi makanan dengan kadar karbohidrat dan hal itu membuat saya terus berlari.”

Tak hanya itu, atas rekornya itu, Thompson berhasil menggusur Gladys “Gladyator” Burrill, yang sebelumnya menyabet gelar perempuan tertua yang menyelesaikan maraton, yang dilakukannya di Honolulu, Hawaii, pada 2010 lalu. Ketika itu, Burrill berusia  92 tahun dan 19 hari.

Sebagai informasi, Thompson berpartisipasi dalam maraton dalam rangka menggalang dana bagi penelitian kanker. Nenek dari 10 cucu tersebut juga menyelesaikan acara maraton berbeda beberapa tahun lalu dengan catatan waktu tujuh jam, tujuh menit dan 42 detik.