Find Us On Social Media :

Autonomous Data Machines, Robot Penjaga Keamanan yang Diklaim Bakal Mengubah Dunia

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 3 Juni 2015 | 17:00 WIB

Autonomous Data Machines, Robot Penjaga Keamanan yang Diklaim Bakal Mengubah Dunia

Intisari-Online.com - Autonomous Data Machines, robot penjaga keamanan yang diklaim bakal mengubah dunia. Robot-robot berbentuk lonjong dengan tinggi 1,5 meter dan berat 136 kilogram ciptaan Knightscope itu diproyeksikan menjaga keamanan manusia yang jumlahnya kian meningkat.

“Kira-kira ada 7 miliar manusia di Bumi saat ini, dan jumlah itu diperkirakan akan bertambah menjadi 9 miliar manusia. Jika hanya mengandalkan penegak hukum dan keamanan yang sekarang ada, tidak akan mampu mengantisipasinya,” ujar William Santana Li dari Knightscope.

Nantinya, tambah Li, robot-robot cerdas itu akan menjadi mata dan telinga para penegak hukum yang bertugas—seperti yang ditunjukkan pada sebuah demontrasi di Los Angeles, California, AS, baru-baru ini.

“Ini live stream dari Machine 2 di kantor pusat Knightscope di Silicon Valley, kami ingin robot bekerjasama dengan manusia. Biarkan mesin yang melakukan tugas komputasi yang berat dan tugas yang terkadang berbahaya, sementara manusia yang melakukan pekerjaan strategis dan mengambil keputusan. Jadi mereka selalu bekerja berdampingan,” kata Li panjang lebar, seperti dilansir dari VOA Indonesia.

Robot-robot tersebut bergerak dengan bebas. Mereka tidak mempunyai pistol, tapi mereka memiliki kamera video yang mampu berputar 360° sepanjang hari. Robot-robot tersebut juga memiliki kemampuan mendeteksi senjata kimia dan biologis.

Di tempat lain, profesor hukum Universitas California, Eugene Volokh, mengatakan robot-robot semacam itu dapat membantu melawan kejahatan apabila digunakan dengan benar. “Kalau robot itu ditempatkan dimana polisi biasanya ditempatkan dan hanya melihat apa yang bisa dilihat polisi, tidak ada masalah konstitusi; tidak ada masalah pelanggaran hak-hak privasi.”

Terkait robot-robot tersebut, Li menuturkan, sudah banyak kliennya, baik dari dalam atau luar AS, yang tertarik untuk memiliki Autonomous Data Machines, robot penjaga keamanan yang diklaim bakal mengubah dunia.