Find Us On Social Media :

(Video) Pidato Jokowi pada Hari Lahir Pancasila yang Menyebut Soekarno Lahir di Blitar, bukan Surabaya

By Ade Sulaeman, Kamis, 4 Juni 2015 | 17:00 WIB

(Video) Pidato Jokowi pada Hari Lahir Pancasila yang Menyebut Soekarno Lahir di Blitar, bukan Surabaya

Intisari-Online.com - Sebuah video yang diunggah di situs YouTube menunjukkan pidato lengkap Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila dimana dirinya menyebut presiden pertama RI Soekarno lahir di Blitar.

 Pidato Jokowi itu disampaikan dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (1/6/2015).

Dalam video yang diunggah oleh akun Berita Terkini pada Minggu (31 Mei 2015). Jokowi membacakan naskah pidato mengenai sosok Soekarno.

Tidak lama setelah memberi kata sambutan, termasuk menyapa Megawati dan Boediono, Jokowi langsung menyatakan bagaimana saat berada di Blitar, dirinya merasa bergetar.

Tentunya tidak ada yang salah jika Jokowi menyatakan demikian. Namun, yang menjadi masalah adalah saat menyebut Blitar, Jokowi juga menyatakan bahwa kota tersebut merupakan kota kelahiran Bung Karno.

"Setiap kali saya berada di Blitar, kota kelahiran proklamator kita, bapak bangsa kita, Bung Karno, hati saya selalu bergetar," kata Jokowi.

Padahal, faktanya Soekarno yang juga ayah dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 6 Juni 1901. Sementara Blitar adalah lokasi makam Bung Karno yang meninggal pada 21 Juni 1970.

Tentu saja, banyak komentar bermunculan. Salah satunya dari akun Nourouzzaman El-Shiddieqy yang berujar “”Blitar kota kelahiran Bung Karno? Bukan Surabaya? Bah, ada fakta sejarah baru diungkap Jokowi..”

Berikut ini video yang berisi pidato lengkap Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila dimana dirinya menyebut Soekarno lahir di Blitar.