Find Us On Social Media :

Kaca Depan Pengganti Dashboard

By Agus Surono, Jumat, 12 Agustus 2011 | 06:00 WIB

Kaca Depan Pengganti Dashboard

Sebuah proyek pendukung sedang dikembangkan untuk memindahkan data-data yang berkaitan dengan kendaraan roda empat dari dashboard konvensional ke dashboard modern: kaca depan!Saat mengemudi, lengah sedikit saja bisa berakibat fatal. Terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Melihat informasi di dashboard misalnya kecepatan atau informasi ketersediaan bensin salah satunya. Soalnya, pada dashboard kebanyakan mobil saat ini berada di bawah kaca depan mobil sehingga harus menunduk. Karena harus menunduk, maka pandangan ke depan pun teralihkan. 
Hal itulah yang mendorong para peneliti di Sun Innovations Inc. untuk mengembangkan "layar peraga tembus pandang" yang lebih canggih. Sistem ini mengubah seluruh kaca depan menjadi papan petunjuk bergerak tanpa mengganggu pandangan mata ke depan. 
Sun Innovations membeli teknologi itu dari SuperImaging Inc. yang membuat layar proyeksi digital dinamis pada permukaan kristal bening. Sun kemudian menggabungkan teknologi tadi dengan teknologi nano tingkat lanjut yang mereka miliki. Hasilnya, teknologi nano-fosfor itu mampu mengatasi kendala yang menjadi pengalang buramnya kaca seperti kondisi berkabut. 
Informasi yang ada di dashboard bisa dipindahkan ke kaca depan dengan jernih tanpa pengemudi merasa kealangan oleh data-data tersebut sebab informasi tadi tembus pandang. 
Nah, mengemudi pun tak direpotkan untuk melihat informasi yang ada di dashboard. (Sumber: Livescience)