Find Us On Social Media :

Toshiba Eco-Style, Sistem Produksi Ramah Lingkungan

By Jeffrey Satria, Selasa, 23 Agustus 2011 | 16:27 WIB

Toshiba Eco-Style, Sistem Produksi Ramah Lingkungan

INTISARI ONLINE * Dalih bahwa tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Bumi adalah tugas pemerintah semata rasanya sudah terdengar kuno. Semua komponen masyarakat, baik pemerintah dan punggawa industri selayaknya memiliki beban tanggung jawab yang sama untuk menjaga kelestarian Bumi ini. Tanggung jawab itulah yang pada akhirnya menjadi tantangan bagi para produsen untuk menciptakan produk ramah lingkungan.PT. Toshiba sebagai salah satu produsen barang elektronik terdepan menyambut baik tantangan ini. Mereka merefleksikannya dalam sebuah sistem ramah lingkungan yang dinamakan eco style. Sejak 2010, Toshiba dengan gencar mengkampanyekan sistem ramah lingkungan ini, baik secara internal maupun eksternal.Melalui eco-style, Toshiba menjamin bahwa seluruh proses produksi, material, dan suku cadang yang digunakan ramah bagi lingkungan. Hal ini dapat terjadi karena eco-style berdiri di atas tiga prinsip dasar, yaitu green of process, green of product, dan green by technology.

Pada prinsip green of process, Toshiba menekankan agar seluruh proses produksi produk Toshiba harus aman dan tidak memberikan efek negatif pada lingkungan. Bermula dari proses pembelian material atau suku cadang yang ramah lingkungan, dan dilanjutkan dengan proses produksi yang hemat energi. Buangan limbah pada saat proses produksi juga harus dikurangi semaksimal mungkin.

Dalam prinsip yang kedua, yaitu green of product, Toshiba berkomitmen untuk menghasilkan serta menggunakan bahan-bahan yang aman bagi kesehatan. Prinsip ini diterapkan kepada seluruh pegawai Toshiba baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Komitmen ini tercermin pada pembelian material atau suku cadang yang sesuai dengan aturan Restriction of the Use of Certain Hazardous Substance in Electrical and Electronic Equipment (RoHS). Artinya Toshiba menghindari betul penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti kadmium, kromium, heksavalen, timbal, polibromobipenil, merkuri, dan polibromodipenileter.

Andi Nursalim, section manager Innovation & Promotion Section Factory Planning Department, PT. Toshiba Consumer Products Indonesia menyatakan bahwa bahan-bahan dasar yang digunakan oleh Toshiba hampir seluruhnya berbahan dasar air, sehingga tidak akan berbahaya bagi lingkungan dan manusia. Selain itu, produk-produk Toshiba sebisa mungkin tidak dikemas berlebihan, agar limbah kemasan tidak semakin bertumpuk.

Pada prinsip ketiga, green by technology, Toshiba berkomitmen untuk terus menghasilkan inovasi teknologi ramah lingkungan. Inovasi ini diharapkan dapat membawa konsumennya untuk semakin peduli pada lingkungan. Prinsip ini dibuktikan secara nyata dengan penggunaan baterei isi ulang di tiap produk-produk Toshiba. Selain itu produk yang dihasilkan oleh Toshiba sangat hemat energi. Ini dibuktikan dengan diraihnya kategori tertinggi sebagai produk yang sangat hemat energi yaitu 5 stars pada Australian Star Index.

Prinsip green by technology juga berlaku pada pabrik-pabrik Toshiba sendiri. Pabrik-pabrik Toshiba menggunakan sky roof untuk mengganti penerangan dengan listrik, dan memasang panel-panel surya untuk menghangatkan air.

Melalui eco-style, Toshiba menjawab tantangan tanggung jawab untuk melestarikan Bumi. Ke depannya, mereka berjanji untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berteknologi tinggi namun ramah lingkungan dan hemat energi.