Find Us On Social Media :

SMS Kilat Tanpa Melihat

By Novani Nugrahani, Rabu, 22 Februari 2012 | 18:00 WIB

SMS Kilat Tanpa Melihat

Intisari-Online.com - Jika Anda adalah pengguna ponsel genggam layar sentuh yang rindu masa-masa mengetik pesan dengan cepat tanpa melihat layar ponsel, kini para peneliti di Georgia Tech menemukan solusinya. Peneliti di sana telah mengembangkan sebuah aplikasi mengetik pesan yang berbasis huruf Braille.Para peneliti di tim tersebut yakin bahwa aplikasi ini akan berguna tak hanya bagi penyandang tuna netra dan mereka dengan penglihatan lemah, tetapi juga bagi siapa pun yang ingin bisa mengetik pesan singkat sembari menonton teve, berjalan, atau mengobrol. Alat ini diaku mampu meningkatkan kemampuan multitasking dan bisa menyatukan kegiatan mengetik dengan aktivitas lain seperti menonton teve.

Lalu, bagaimanakah cara aplikasi ini bekerja? Aplikasi bernama BrailleTouch ini merupakan aplikasi opensource yang dapat dioperasikan menggunakan 6 jari meniru cara kerja papan ketik Braille tradisional. Prototipe aplikasi untuk ponsel layar sentuh ini bertujuan sebagai solusi mengetik pesan singkat tanpa harus melihat layar yang bisa menggantikan papan ketik ponsel biasa. Aplikasi ini juga dapat menjadi alternatif papan ketik praktis bagi ponsel layar sentuh berlayar kecil.

Mario Romero, pemimpin proyek ini berkata, “Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses mengetik yang berbasis gerakan tanpa mengandalkan penglihatan visual akan menjadi solusi berkomunikasi di masa mendatang karena akan meniadakan kebutuhan melihat untuk berkomunikasi secara tertulis.” Ia juga menyatakan, BrailleTouch juga bisa mendorong siapa pun yang berpenglihatan normal untuk belajar mengetik dan membaca huruf Braille hanya dalam beberapa menit saja. (psfk.com)