Find Us On Social Media :

Kontrol Diabetes dengan iPhone

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 21 Maret 2012 | 14:13 WIB

Kontrol Diabetes dengan iPhone

Intisari-Online.com – Diabetes adalah penyakit yang diderita kebanyakan orang di seluruh dunia. Penyebab penyakit ini bervariasi, bahkan duduk selama lebih dari 7 jam sehari meningkatkan risiko diabetes. Satu hal yang penting bagi penderita diabetes, mereka harus selalu mengontrol kadar gula darah untuk mencegah penyakit yang lebih serius yang mengancam mereka.

Sekarang ada kabar baik untuk para diabetesi. Dengan bantuan teknologi, orang dengan penderita diabetes tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk mengukur kadar gula darah mereka. Mereka dengan mudah bisa mengukurnya secara mandiri di rumah menggunakan iPhone atau iPod.

Bekerja sama dengan Sanofi, sebuah perusahaan farmasi, Apple memperkenalkan asesori tambahan yang disebut iBGStar. Asesori tambahan ini seharga £ 48 (sekitar Rp 661.770,-). Asesori ini dilengkapi dengan diabetes manager application untuk melacak dan menganalisis data medis. Anda hanya cukup memasang asesoris ini seperti flask disk ke salah satu port iPhone atau iPod. Perangkat ini akan mengirimkan sinyal ke layar diabetes manager, berkaitan dengan darah yang berasal dari tusukan di ujung jari.

Aplikasi baru ini memungkinkan orang yang menderita diabetes untuk mengukur kadar gula darah mereka secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Bagi penderita diabetes, kontrol gula darah penting untuk dilakukan secara berkala untuk mencegah komplikasi serius, termasuk ginjal, jantung, saraf, dan kerusakan mata.

Sarah Johnson, seorang peneliti diabetes, menyambut semua perkembangan teknologi yang membantu mengontrol kondisi diabetesi. “Kontrol gula darah secara teratur penting untuk mengurangi efek jangka panjang dari diabetes,” katanya, seperti dikutip DailyMail.

Dr. Andrew Hockey, direktur medis untuk diabetes di Sanofi, mengatakan aplikasi itu adalah langkah maju. “Ini memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengelola kondisi diabetes sehari-hari,” katanya.

Ada banyak faktor yang memicu diabetes, tetapi jika Anda kebetulan menjadi orang yang menderita diabetes, mengontrol kadar gula darah di rumah adalah suatu keharusan.