Find Us On Social Media :

Tak Ada Lagi Tempat Tersembunyi

By Novani Nugrahani, Selasa, 27 Maret 2012 | 08:05 WIB

Tak Ada Lagi Tempat Tersembunyi

Intisari-Online.com - Jika biasanya kamera CCTV masih sulit memonitor wilayah tertentu yang berada di sudut yang tak tertangkap oleh kamera, kini sudah ada penemuan terbaru, yakni kamera pengintai yang mampu melihat hingga ke sudut ruangan.

Para peneliti di MIT saat ini telah mengembangkan teknologi kamera yang mampu memonitor ruangan hingga ke bagian yang tak tertangkap oleh kamera biasa. Dengan teknologi ini, maka orang yang berada di wilayah tertentu yang biasanya tak terpantau oleh kamera, dapat diketahui keberadaannya. Bahkan, teknologi kamera ini mampu melihat komponen yang tersembunyi di dalam sebuah mesin.

Rahasia teknologi ini ada pada kemampuan kamera membangun imaji dari gelombang cahaya yang terpantul pada permukaan bidang seperti tembok dari segala penjuru arah. Sebagai ilustrasi, bayangkan sebuah objek yang diletakkan di sudut sebuah koridor berdinding penuh dengan cermin. Objek itu tentu masih bisa terpantau kamera CCTV karena bayangan obyek terpantul dengan jelas pada cermin yang terdapat sepanjang koridor.

Begitulah kira-kira teknologi kamera CCTV ini bekerja. Meski tak sejernih pantulan cermin, sebenarnya tembok dan benda-benda lain di sekitar kita juga memantulkan gelombang cahaya. Pantulan ini yang lantas dikumpulkan dengan cara memantulkan cahaya laser ultra cepat dari kamera ke semua bagian dinding yang dapat dijangkaunya. Pantulan sinar laser inilah yang nantinya membentuk imaji dari obyek yang tersembunyi itu.

Ramesh Raska dan koleganya dari MIT menyatakan bahwa dengan menggunakan kamera yang mampu mengambil gambar setiap dua per tiga juta detik, kamera mampu merekonstruksi gambar tiga dimensi dari objek yang tersembunyi dengan tingkat presisi yang cukup tinggi. (PSFK.com)