Find Us On Social Media :

Wikipedia Zero: Informasi Adalah Hak Asasi

By J.B. Satrio Nugroho, Selasa, 19 Maret 2013 | 06:00 WIB

Wikipedia Zero: Informasi Adalah Hak Asasi

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, Wikimedia Foundation, perusahaan nirlaba yang mengelola beberapa isi bersifat pendidikan seperti Wikipedia dan Wikibooks, menerima bantuan dana dari Knight Foundation atas usahanya dalam mendistribusikan 24 juta artikel dari Wikipedia kepada orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam mengakses internet. Tujuannya, seperti yang diungkapkan Kul Takanao Wadhwa, Kepala Pengembangan Mobile dan Business Wikimedia Foundation, adalah untuk mengakhiri “pembatasan informasi” melalui Wikipedia Zero, yang memberikan konten Wikipedia kepada semua orang tanpa biaya, bahkan biaya internet.

Sampai saat ini, Wikipedia Zero yang diluncurkan sejak akhir 2012 ini telah menjalin kerja sama dengan empat operator telepon seluler, yang menyediakan informasi berbasis pelanggan kepada lebih dari 230 pengguna di 31 negara. Langkah selanjutnya adalah memoles proyek ini lebih baik, termasuk penyediaan informasi dengan pengiriman teks berbasis layanan pesan pendek (SMS), yang sedianya akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Cara kerjanya, pengguna akan mengirimkan SMS ke Wikipedia, kemudian dalam hitungan detik mereka akan mendapatkan artikel yang diinginkan di telepon genggam mereka,” kata Wadhwa. Dampak langsungnya bisa dilihat; pengakses Wikipedia tercatat meningkat 400% dalam waktu enam bulan, setelah Wikipedia Zero diluncurkan.

Harapannya, seperti yang diungkapkan Wadhwa, proyek Wikipedia Zero ini bisa berkembang dan akses informasi menjadi semudah mengirim pesan singkat kepada teman. “Akses ilmu pengetahuan seharusnya menjadi hak asasi manusia,” kata Wadhwa.