Find Us On Social Media :

'Headphone' yang Bisa Membaca Mood

By J.B. Satrio Nugroho, Selasa, 19 Maret 2013 | 10:00 WIB

'Headphone' yang Bisa Membaca Mood

Intisari-Online.com - Menggabungkan banyak lagu menjadi satu playlist merupakan cara yang menyenangkan untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaan secara berurutan. Kita bisa memilah lagu-lagu yang sesuai perasaan hati; apakah sedih, bahagia, berbunga-bunga, atau patah hati.

Karena gagasan itu pula, Neurowear, sebuah tim yang berbasis di Tokyo, mengembangkan purwarupa berbasis sinyal biologis, seperti gelombang otak dan detak jantung. Sebuah headphone canggih mampu memahami apa yang sedang dirasakan penggunanya, kemudian memutarkan lagu yang sesuai dengan perasaan hatinya.

Headphone yang diberi nama Mico ini menggunakan teknologi sensor electroencephalograph (EEG) yang mampu memindai pola otak, sehingga Mico bisa mencocokkannya dengan lagu yang sesuai.

Di dalam Mico, terdapat sebuah aplikasi yang dinamakan neuro-tagged, yang berfungsi memilah lagu berdasar mood dari database Neurowear. Di sisi headphone terdapat layar pemeraga (LCD) yang memberikan informasi kapan lagu diputar, bahkan menunjukkan simbol, seperti “Zzz” ketika penggunanya mengantuk.

Meskipun ide headphone ini terlihat sangat luar biasa, namun sepertinya dia belum terlalu pintar untuk tidak memutar lagu yang tidak ingin didengar oleh penggunanya, walaupun itu lagu yang tepat untuk suasana hati si pengguna.

Headphone ini masih prototipe, dan berbagai pengembangan masih dilakukan. Namun para penciptanya yakin produk pintar ini akan segera diluncurkan di pasaran. Belum disebutkan harga yang akan dibanderol untuk headphone ini.  (*)