Find Us On Social Media :

Korea Selatan Menatap 4G

By Mohamad Takdir, Kamis, 4 Juli 2013 | 17:00 WIB

Korea Selatan Menatap 4G

Intisari-Online.com - Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyediakan kecepatan data 4G untuk konsumennya. Dengan kecepatan 10 kali lipat lebih cepat dari 3G, SK Telecom mengklaim bahwa jaringan LTE-Advanced bisa membuat pengguna dapat mengunduh data dengan kecepatan 150 megabit per detik.

Dalam praktiknya, pengguna akan mendapatkan kecepatan yang tidak secepat itu. Namun SK Telecom mengatakan bahwa mereka akan mencoba streaming video resolusi tinggi HD 1080p bulan depan. Selain itu juga menawarkan jasa video chatting dengan kualitas video dan audio yang lebih bagus. Keterbatasan penyimpanan dalam sebuah gawai (gadget) dan masih barunya teknologi ini memang masih dalam perkembangan.

Samsung sendiri sudah merilis versi khusus Galaxy S4 dengan chip komunikasi terbaru yang bisa mengakses sistem LTE-A. Untuk saat ini gawai yang ada belum bisa memanfaatkan kecepatan 4G yang bagus ini, tetapi pengguna yang hendak memperbarui gawainya di Korea Selatan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jasa 4G ini baru ada di 44 kota di Korea Selatan termasuk Seoul. Untuk urusan telekomunikasi dan koneksi, Korea Selatan memang juaranya sebab pemerintahnya memberikan aturan dan kebijakan yang mengembangkan penggunaan broadband. Negeri ginseng ini menduduki peringkat pertama untuk kecepatan koneksi internet dengan 14 Mbps, sehingga tak heran jika penyedia telekomunikasi berlomba-lomba untuk semakin cepat dalam menyediakan koneksi.

Video di bawah ini adalah "demonstrasi" betapa cepatnya internet di Korea Selatan. (BBC)