Find Us On Social Media :

Dengan Wi-Vi Kita Bisa Jadi Superman

By Mohamad Takdir, Selasa, 2 Juli 2013 | 14:24 WIB

Dengan Wi-Vi Kita Bisa Jadi Superman

Intisari-Online.com - Berkhayal seperti superhero yang memiliki kemampuan melihat menembus dinding? Sepertinya hal itu akan semakin mendekati kenyataan. Sekelompok insinyur di MIT menciptakan purwarupa dari sebuah alat portabel yang bisa mengumpulkan data dari apa pun yang ada dari balik dinding. Sistem yang disebut Wi-Vi ini bisa menunjukkan apakah manusia di balik dinding sedang menjauh atau mendekati dinding.

Alat seperti ini akan sangat berguna bagi polisi dan petugas penyelamat yang sedang mencari orang yang bersembunyi atau terjebak di gedung yang runtuh. Alat ini juga bisa diatur untuk mematikan atau menyalakan lampu dengan kibasan tangan serta berpotensi menjadi sistem gaming berbasis gerakan.

Para peneliti sudah cukup lama mencoba alat seperti ini. Alat-alat sebelumnya umumnya berukuran besar dan lebih mahal dari Wi-Vi. Seperti dilaporkan para penemu alat ini dalam konferensi Association for Computing Machinery. "Kita ingin menciptakan alat yang ramah energi, gampang dibawa dan sederhana," ujar Dina Katabi, seorang insinyur yang mengerjakan alat ini.

Cara kerjanya cukup sederhana. Alat ini memancarkan sinyal Wi-Fi ke dinding dan beberapa persentasi dari sinyal itu menembus dinding. Kalau sinyal itu menyentuh objek bergerak maka akan muncul di layar. Ketika orang yang bergerak di balik dinding itu dideteksi maka bisa dilacak tanpa harus terganggu benda diam di balik dinding. Apa yang muncul tidaklah seperti foto, tetapi gelombang sinyal saja yang menunjukkan makhluk bergerak. (The Guardian/PC Plus)