Penulis
Intisari-Online.com -Setelah melalui penilaian akan inovasi, keunikan, fungsi dan fitur, penerapan teknologi, serta manfaat, baik secara komersial maupun bagi target dari karya, akhirnya dewan juri menetapkan karya-karya terbaik Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2013.
Acara penghargaan yang dilakukan di Jakarta Convention Center (JCC) – Senayan 1 September lalu dibuka oleh Tifatul Sembiring, Menteri Kominfo RI. Tiga penghargaan diberikan untuk tiap kategori di ajang INAICTA, yaitu Winner, Merit dan Special Mention. ”Winner tentu saja penghargaan utama untuk yang mendapat nilai terbaik dari para juri, lalu Merit adalah penghargaan untuk karya dengan nilai selisih 10% dari kategori Winer, dan Special Mention adalah penghargaan yang diberikan bagi karya yang dinilai memiliki dampak positif terhadap masyarakat.
Melibatkan sekitar seratus juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi bidang teknologi dan nonteknologi, penjurian dari 168 nominator INAICTA 2013 dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi awal dengan menyortir delapan karya terbaik dari 21 kategori dan penjurian final yang berbentuk presentasi langsung nominator di hadapan para juri.
Sebagai kelanjutan kompetisi ini, para pemenang akan dipertemukan dengan nama-nama besar sebagai salah satu cara menghubungkan teknokreator dengan dunia industri. “Sekitar dua minggu setelah pengumuman ini, kami akan kembali mengundang para pemenang untuk berdikusi bersama dalam “Investor Night” dengan para calon investor,” Kata Andreas. “Di sini mereka akan lebih jelas mengetahui potensi ketertarikan industri pada karya yang telah dikembangkan dan akan menjadi sebuah pembelajaran awal memasuki industri bisnis,” lanjut Andreas.
INAICTA 2013 yang resmi dibuka oleh Tifatul Sembiring pada Februari yang lalu telah melalui berbagai tahap selama tujuh bulan. Berikut ini para pemenang INAICTA 2013 yang memiliki karya-karya terbaik yang akan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi ICT regional:
No | Kategori | Winner | Merit | Special Mention |
1 | Student Project: Animasi(SD – SMA) | SPDA-0213 Hikayat Negeri Katak | ||
2 | SD Application | SPSD-0805 Bermain, Bereksperimen, Bernyanyi, dengan Suara dan Musik | SPSD-0949 Rak Pintar Untuk Orang Genius | |
3 | e-Commerce | ECO-0007 Sribu.com | ECO-0143 Klakat | |
4 | PT Application | SPPT-0215 AT INEC Apl Cerdas untuk Mengetahui Sifat Manusia | SPPT-0924 Camel | SPPT-0657 Leafcoder |
5 | Research & Development | RD-0901 E-Fishery | RD-0937 HiTech Farming Domba Pintar | RD-0861 Invys |
6 | Tourism & Hospitality | TOU-0256 isikota | TOU-0277 TripTrus | |
7 | SME Application | SME-0742 Eresto | SME-0372 Shoop! e-Commerce Assistant | SME-0598 Wikitani |
8 | Digital Animation | DA-0272 BINEKON | DA-0639 TOBI | DA-0697 ASIARAYA |
9 | PT: Digital Media Interactive | DIPT-0643 Hyjabs | DIPT-0682 Vocalita | DIPT-0209 Kebun Angka |
10 | Games | GAM-0286 OwnPet Dragon | GAM-0703 Flow the Cloud | |
11 | Advergames | ADG-0831 Cerebrovit Academy | ||
12 | Digital Media Interactive | DI-0260 Digital Comic Interactive Apps: GarudaRiders Vol.1 Runaway | DI-0101 Takita | |
13 | SMA Application | SPSA-0065 MatrikSoft Security Care | SPSA-0470 APASAJA Aplikasi Sastra Dan Aksara Jawa | SPSA-0522 All about Car |
14 | e-Inclusion | SOC-0475 Ahada | SOC-0597 On Demand Job Exchange | |
15 | PT Games | GPT-0292 Spyders Web | GPT-0244 Game Agustusan | GPT-1003 EduGame Glove Pembelajaran Abjad Jari Bahasa Isyarat Indonesia |
16 | Applicative Robot: PT/UMUM | ROPT-0726 Sistem Pencari dan Penanda Posisi Korban Bencana Alam | ROPT-0848 Prototipe Autonomous Underwater Vehicle | ROPT-0331 DRU13SAR |
17 | Applicative Robot: SD-SMA/K | ROSM-0607 VOREBOT | ROSM-0461 Gryllotalpoid Pembersih Saluran Air Jakarta | |
18 | e-Health | EH-0795 Brainstat | EH-0337 BloobIS Blood Bank Information System | |
19 | PT: Animasi | DAPT-0879 Bite | DAPT-0199 Kota Kembang, Sensitization | DAPT-0877 Ghost Idol 2D Short Animation |
20 | SMP Application | SPSP-0310 I Love Bandung | SPSP-0318 NeoRologic Home | |
21 | Edugames | EDG-0094 GameMarbel.Com |