Find Us On Social Media :

Selama 2013, Lebih dari 1 Miliar Ponsel Pintar Beredar di Seluruh Dunia

By Birgitta Ajeng, Rabu, 27 November 2013 | 19:45 WIB

Selama 2013, Lebih dari 1 Miliar Ponsel Pintar Beredar di Seluruh Dunia

Intisari-Online.com - Jumlah pengiriman ponsel pintar akan melampaui 1 miliar unit di seluruh dunia pada tahun 2013. Perusahaan riset International Data Corporation (IDC), Selasa (26/11) kemarin, mengatakan pengiriman ponsel pada tahun ini naik 39 persen dibanding tahun 2012 dan akan mencapai 1,7 miliar pada tahun 2017.

Peningkatan ini terutama disebabkan tingginya permintaan dari negara-negara berkembang. Selain itu, harga ponsel pintar yang lebih murah juga mempercepat penjualannya di seluruh dunia.Sebagai gambaran, harga penjualan rata-rata ponsel pintar diperkirakan turun menjadi US$337 atau sekira Rp3,9 juta pada tahun ini, turun 12,8 persen dari 2012. IDC memprediksi, harga tersebut akan kembali melorot menjadi Rp3,1 juta pada 2017.

“Permainan sudah berubah cukup drastis karena penurunan harga rata-rata ponsel pintar,” kata Direktur Program IDC Ryan Reith dalam pernyataan pers.“Baru beberapa tahun lalu industri berbicara tentang semiliar orang selanjutnya yang akan terkoneksi, dan diasumsikan sebagian besar orang-orang ini akan terkoneksi melalui ponsel fitur. Mengingat pola perkembangan harga rata-rata, ponsel pintar sekarang menjadi pilihan yang sangat realistis untuk menghubungkan semiliar pengguna itu.” (Insaf Albert Tarigan / chip.co.id)