Find Us On Social Media :

Herbal Pengusir BB

By Agus Surono, Kamis, 30 Juni 2011 | 07:00 WIB

Herbal Pengusir BB

Bermasalah dengan bau badan? Ingin tubuh selalu wangi? Zaman sekarang ada banyak produk untuk mencapai tujuan itu. Namun, jika ingin menoleh ke alam, ke dunia herbal, ada banyak tanaman yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan tadi.

Sebelum produk-produk masa kini tadi muncul, nenek moyang kita sudah memanfaatkan berbagai tanaman yang ada di sekitar mereka untuk mengatasi bau badan ataupun mulut. Putri-putri keraton di Pulau Jawa memanfaatkan kesegaran buah kepel atau burahol untuk menjaga tubuh dari bau yang tidak enak. Bukan hanya tubuh, aroma air seni pun jadi lebih wangi. Sayangnya, pohon burahol itu kini sudah menjadi tanaman langka.

Akan tetapi, masih ada beberapa jenis tanaman yang memiliki khasiat mirip burahol.
Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)
Jeruk nipis memiliki tempat yang khusus di masyarakat kita. Buah yang kaya akan vitamin C dan sejumlah mineral dibandingkan dengan jenis lain ini telah dipercaya sebagai obat batuk. Di dapur ia mengenyahkan bau amis pada piring atau peralatan makan kita. Pada perabotan rumah tangga yang berasal dari kuningan ia bikin kinclong. Lalu, dalam pergaulan manusia ia melenyapkan bau badan. Bagaimana caranya? Peras dua buah jeruk nipis, lalu campurkan perasan itu dengan sedikit kapur sirih. Oleskan pada ketiak untuk menghilangkan bau badan.Daun Sirih
Daun tanaman bernama Latin Piperbetie L ini dikenal mengandung antiseptik dan zat aktif lain yang bermanfaat menghilangkan masalah bau badan.
Cara pemanfaatannya:
  • Rebus lima lembar daun sirih dengan dua gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum selagi hangat sehari sekali sampai bau badan hilang.
  • Ambil daun sirih secukupnya kemudian dihaluskan. Campur dengan sedikit kapur sirih. Oleskan campuran itu pada ketiak.
Beluntas (Pluchea indica (L.) Lees) sering dijadikan sebagai tanaman untuk pagar. Daunnya berbentuk bulat telur, denan tangkai pendek, dan warna hijau. Bunganya berwarna putih kecoklatan. Daun dan bunganya mengandung zat alkali yang bertindak sebagai antiseptik.
Untuk memanfaatkan daun beluntas sebagai pengusir bau badan bisa dengan memakan daun beluntas segar sebagai lalap bersama nasi dan lauk pauk atau merebus segenggam daun beluntas dalam dua gelas air sampai mendidih hingga tersisa menjadi satu gelas dan meminumnya hangat-hangat setiap pagi dan petang.
Lalap daun kemangi sudah umum dijumpai dalam menu yang disantap sehari-hari. Daun tanaman bernama Latin Ocimun balisicum ini mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai antiseptik. Zat inilah yang membantu memberantas bakteri penyebab bau badan. Manfaat lain lalap daun kemangi adalah meningkatkan nafsu makan.
 
Jahe
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa jahe (Zingiber officinale Rosc.) mengandung zat antiviral, antitumor, antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur. Kedua zat terakhir inilah yang menyebabkan jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan.
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Temulawak adalah salah satu tanaman yang dikenal luas di Indonesia sebagai apotek hidup. Tanaman ini mengandung saponin, flavoinoida, dan minyak asiri sehingga berkhasiat menghilangkan jerawat, menyegarkan tubuh, dan menghilangkan bau badan. Caranya, sediakan satu jari temulawak. Cuci bersih kemudian potong halus. Rebus dengan segelas air bersama asam sesuai selera. Tunggu sampai menjadi setengah gelas. Tunggu sampai dingin kemudian minum ramuan tersebut.
Bunga kecombrang
Nama Latin tanaman ini adalah Nicolaia speciosa dan masuk dalam famili Zingiberaceae. Bunga kecombrang sering dimanfaatkan sebagai bunga hias, tapi juga nikmat disantap dalam bentuk pecal, lalapan, ataupun sambal.
Rajin mengonsumsi bunga kecombrang ternyata bermanfaat untuk menjaga kesegaran aroma tubuh. Ini karena zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu sapomin, flavoinoida, dan polifenol. Juga kaya vitamin dan mineral.