Find Us On Social Media :

Melihat Otak Via Mata

By Nur Resti Agtadwimawanti, Selasa, 20 Maret 2012 | 18:00 WIB

Melihat Otak Via Mata

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian yang dipublikasikan 14 Maret lalu dalam jurnal kesehatan dari American Academy of Neurology menyatakan bahwa ada keterkaitan antara gangguan pembuluh darah di mata dengan otak.

Dalam penelitian tersebut tercatat bahwa orang dengan gangguan pembuluh darah pada mata yang dapat menyebabkan kerusakan retina ternyata cenderung memiliki masalah kemampuan berpikir dan mengingat. Ini disebabkan karena adanya kemungkinan gangguan pembuluh darah dalam otak.

Kerusakan pada retina disebut sebagai retinopathy. Dalam penelitian tersebut, kerusakan pada retina ini cukup menimbulkan gejala yang signifikan. "Adanya masalah dalam pembuluh darah kecil di mata bisa menjadi tanda bahwa ada juga masalah dengan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan masalah kognitif," kata penulis dalam penelitian tersebut, Mary Haan, DrPH, MPH, dari University of California, San Francisco. "Penelitian ini bisa sangat berguna, terlebih bila screening mata dapat memberikan indikasi awal terkait dengan masalah kesehatan otak."

Penelitian ini melibatkan 511 perempuan dengan usia rata-rata 69. Para perempuan lantas diuji kemampuan berpikir dan memori mereka, setiap tahun selama kurun waktu 10 tahun. Kesehatan mata mereka pun diuji sekitar empat tahun, kemudian otak mereka di-scan selama kurun waktu 8 tahun, ke dalam penelitian tersebut.

Hasilnya? Sebanyak 39 perempuan atau setara 7,6 persen menderita retinopathy. Perempuan yang mengalami retinopathy rata-rata memiliki skor rendah pada tes kognitif dibandingkan dengan perempuan yang tidak memiliki retinopathy. Perempuan dengan retinopathy juga memiliki lebih banyak wilayah kerusakan pembuluh darah kecil di dalam otak. Perbandingannya, sekitar 47 persen lebih besar dari daerah kerusakan perempuan yang tidak memiliki retinopathy.

Hasil penelitian tetap sama, meskipun telah disesuaikan dengan tekanan darah tinggi dan diabetes, yang bisa menjadi faktor timbulnya masalah pada pembuluh darah di mata dan otak. Sementara itu, untuk tes ketajaman visual, perempuan dengan retinopathy memiliki skor yang sama seperti perempuan tanpa penyakit. (sciencedaily.com)